Integrasi Nasional sebagai Pondasi bagi Kesatuan Bangsa

Oleh: Howan Anderson | PPTI 14 | 2602189285 |

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali keanekaragaman seperti suku, agama, budaya, ras, dan budaya. Keanekaragaman ini tentu membawa hal baik bagi Indonesia seperti menjadikan Indonesia negara yang unik dan menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Akan tetapi, hal ini juga menjadi masalah bagi Indonesia karena keanekaragaman yang banyak menghasilkan perbedaan yang besar pula. Perbedaan ini tentu menjadi tantangan besar dalam masyarakat Indonesia.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Indonesia membutuhkan integrasi nasional. Dengan adanya integrasi nasional, Indonesia dapat melewati tantangan yang dapat memecah belah masyarakat Indonesia. Lantas, apa yang dimaksud dengan integrasi nasional?

Integrasi nasional berasal dari dua kata yaitu integrasi dan nasional. Integrasi berasal dari bahasa inggris yaitu integrate yang memiliki arti menggabungkan dan mempersatukan. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi merupakan proses untuk penggabungan untuk menjadi satu kesatuan yang bulat. Sedangkan kata nasional berasal dari bahasa inggris yaitu nation yang memiliki arti kebangsaan. Dengan ini, maka integrasi nasional adalah suatu upaya atau proses untuk menyatukan berbagai unsur yang ada di dalam negara Indonesia untuk menjadi satu kesatuan nasional. Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan integrasi nasional?

Beberapa hal yang bisa mewujudkan integrasi nasional antara lain:

  • Meningkatkan persatuan serta kesatuan di dalam Bangsa

Kita semua perlu meningkatkan kesadaran akan persatuan di dalam masyarakat untuk menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, dan sikap saling tolong menolong antar sesame dan bersikap nasionalisme, serta menjalin rasa kemanusiaan demi mewujudkan keharmonisan untuk hidup secara berdampingan

  • Meningkatkan rasa toleransi dan saling menghargai antar sesama

Kita semua harus mengedepankan sikap toleransi dan saling menghargai antar sesama di lingkungan masyarakat demi tercapainya persatuan. Rasa toleransi yang tidak mementingkan agama, budaya, suku, etnisnya sendiri lebih baik dibandingkan dengan orang lain serta tidak memaksakan kepercayaan kita kepada orang lain merupakan salah satu cara kita untuk menunjukkan sikap toleransi di masyarakat.

  • Persamaan kepribadian dan pandangan hidup keabngsaan yang sama yakni Pancasila

Pancasila adalah landasan idiil bangsa yang kedudukannya sangat berpengaruh bagi jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagi seseorang yang di dalam jiwanya terdapat sifat patriotism yang tinggi, maak Ia akan selalu menerapkan butir-butir Pancasila di setiap aspek kehidupannya.

Referensi:

Howan Anderson