Hak dan Kewajiban, Dua Sisi yang Saling Melengkapi

Oleh:  Jennifer | PPTI 16 | 2602190463 |

Hak dan kewajiban adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, keduanya saling berkaitan dan saling melengkapi satu sama lain. Hak dan kewajiban juga erat hubungannya dalam kehidupan manusia dimana manusia menjalani kewajiban dan mendapatkan hak yang dapat mereka nikmati dikehidupan sehari hari.

Hak sendiri adalah sesuatu yang bisa kita nikmati dan sudah semestinya kita terima, bahkan hak sudah kita dapatkan dari lahir yaitu hak untuk hidup, sedangkan Kewajiban adalah sebuah beban memberikan suatu hal yang sudah semestinya diberikan oleh pihak tertentu dan sifatnya adalah memaksa. Dari pengertiannya dapat diketahui bahwa hak dan kewajiban didapatkan dengan cara yang berbeda dan waktunya pun tidak bersamaan namun keduanya tetap saling berkaitan.

Hal ini juga sudah diatur di Undang Undang Dasar 1945 Pasal 27 hingga pasal 34. Dimana berisi tentang Hak dan Kewajiban warga negara Indonesia salah satunya adalah menjamin HAM (Hak Asasi Manusia) bagi setiap warga negara. HAM sendiri adalah hak yang melekat pada diri kita sejak lahir dan tidak dapat di ganggu gugat oleh siapapun, untuk kewajiban salah satunya adalah setiap warga wajib ikut serta dalam pembelaan negara ini merupakan bentuk warga negara untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan negara

Dua hal ini memiliki hubungan sebab-akibat, Hak akan timbul jika seseorang telah memenuhi kewajibannya. Contohnya, semua orang memiliki hak untuk mendapatkan mendidikan yang layak namun jika dia telah memenhuhi kewajibannya untuk mengikuti Pendidikan tersebut. Penerapan paling umumnya adalah Pajak, kita wajib membayar pajak supaya mendapatkan fasilitas umum yang setimpal.

Pada kehidupan masyarakat, hak dan kewajiban menjadi landasan penting untuk menciptakan kehidupan yang harmonis dan sejahtera dikarenakan masyarakat memiliki kesadaran untuk selalu melaksanakan kewajiban yang ada supaya dapat memiliki hak yang sepantasnya sehingga akan lebih mudah untuk hidup bersama dan saling tolenransi satu sama lain.

Kesimpulannya hak dan kewajiban seperti pasangan yang tidak dapat dipisahkan, dua konsep ini sangat penting untuk dipahami oleh setiap masyarakat di Indonesia supaya dapat terciptanya kehidupan yang harmonis dan toleran terhadap satu sama lain. Maka dari itu penting untuk menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.

Jennifer