Dinamika Demokrasi Pancasila

Oleh: Yohanna Yonathan | 2602189833 | PPTI 15 |

Demokrasi, sebuah kata yang tidak lagi asing terutama bagi warga negara Indonesia, sebuah kata yang dengan mudah ditemui di berbagai buku kewarganegaraan sekolah dasar hingga kuliah. Namun dalam menemukan penerapannya tidak semudah itu. Hal ini menyebabkan munculnya pertanyaan, “apakah kita sudah benar-benar memahami kata, Demokrasi?

Menurut para ahli secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu demos dan kratos. Demos berarti rakyat, dan kratos berarti kekuasaan yang mutlak. Apabila digabungkan, maka demokrasi adalah kekuasaan yang mutlak oleh rakyat. Dalam pendefinisian lain, oleh Oxford English Dictionary, demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat, dimana bentuk pemerintahannya terletak pada kedaulatan rakyat secara menyeluruh, dan dijalankan secara langsung oleh rakyat, atau oleh pejabat yang dipilih oleh rakyat.

Di Indonesia sendiri, diterapkan demokrasi pancasila. Demokrasi Pancasila adalah konsep demokrasi yang berlandaskan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara Indonesia, yakni berdasarkan kekeluargaan dan gotong-royong yang ditujukan kepada kesejahteraan rakyat, yang mengandung unsur-unsur berkesadaran religius, berdasarkan kebenaran, kecintaan dan budi pekerti luhur, berkepribadian Indonesia, dan berkesinambungan, itulah definisi demokrasi pancasila menurut Mohammad Hatta.

Berdasarkan penjelasan demokrasi dan demokrasi pancasila diatas, sangat jelas bahwa titik berat dari demokrasi adalah kedaulatan rakyat, dimana kepentingan bersama yang menjadi tujuan utama demokrasi. Faktanya, masih banyak tindakan yang tidak sejalan dengan konsep demokrasi. Salah satu kasus yang paling sering kita dengar yakni, korupsi. Korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Jelas tertulis, bahwa korupsi untuk kepentingan pribadi, bukan kepentingan bersama.

Balik ke pertanyaan yang muncul diawal, “apakah kita sudah benar-benar memahami kata, Demokrasi?”. Jika memang kita sudah paham, mari kita mulai dari kita. Ya, dari individu per individu, untuk memberikan contoh nyata dari konsep demokrasi. Mulai dari hal kecil, seperti melakukan pemilihan ketua organisasi dengan adil dan jujur, atau dengan menerapkan musyawarah dalam pengambilan keputusan bersama. Hal tersebut tentu sejalan dengan konsep demokrasi, yakni kepentingan bersama.

Akhir kata, demokrasi bukanlah hanya sebagai definisi untuk kita pahami, namun demokrasi adalah tindakan nyata yang memiliki tujuan bersama.

Referensi :

Hukumonline, T. (n.d.). Makna Dan Prinsip-Prinsip Demokrasi pancasila. hukumonline.com. https://www.hukumonline.com/berita/a/prinsip-demokrasi-pancasila-lt650d676e5b50b/

Mengenal Pengertian Korupsi Dan Antikorupsi. Pusat Edukasi Antikorupsi. (n.d.). https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Eksplorasi/20220411-mengenal-pengertian-korupsi-dan-antikorupsi

Pengertian Demokrasi, Model, dan Prinsipnya. (n.d.). https://polpum.kemendagri.go.id/

Yohanna Yonathan