Psikologi Keuangan: Kartu Kredit adalah Fasilitas atau Jebakan Finansial?

Oleh: Petrus Hepi Witono (D5048)

Salam Pendidikan Karakter,

Kartu Kredit adalah fasilitas atau jebakan finansial? Mana yang benar? Semua tergantung dari mana kita saat menggunakannya. Saya pernah bertemu dengan seorang dosen yang tidak pernah mengenal kartu kredit sama sekali. Namun, disisi lain, saya juga pernah bertemu dengan seorang dosen yang terjerat hutang kartu kredit, karena kurang bisa menata penggunaan kartu kredit secara benar.

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang populer di masyarakat modern. Kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan, seperti kemudahan bertransaksi, penundaan pembayaran, dan poin reward. Namun, kartu kredit juga dapat menjadi bumerang jika tidak digunakan secara bijak.

Saya pribadi sering menggunakan kartu kredit untuk membayar bahan bakar kendaraan agar bisa terkontrol pengeluarannya. Saya memakai data yang dikeluarkan dari kartu kredit untuk menghitung berapa banyak biaya yang saya keluarkan selama satu bulan untuk bensin. Sebulan berikutnya, seluruh biaya bensin harus saya bayarkan karena dananya memang sudah diatur dalam budget bulanan.

Maka, kartu kredit dapat menjadi alat bantu yang praktis dan menguntungkan jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang memang sudah direncanakan dan dianggarkan. Misalnya, kartu kredit dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok, membayar tagihan, atau melakukan perjalanan wisata.

Namun, jangan lupa bahwa kartu kredit dapat menjadi jerat hutang jika digunakan untuk memenuhi keinginan yang tidak prioritas. Misalnya, kartu kredit dapat digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, nongkrong di kafe atau restoran, atau berlibur ke luar negeri.

Penggunaan kartu kredit untuk memenuhi keinginan yang tidak prioritas dapat menyebabkan seseorang terjerat hutang yang sulit dilunasi. Hal ini karena kartu kredit memiliki bunga yang tinggi. Selain itu, kepemilikan kartu kredit juga musti dibatasi karena bisa sangat membahayakan sekali. Hal ini sungguh pernah dialami oleh teman saya hingga akhirnya dikeluarkan dari kantor karena terjerat hutang kartu kredit.

Maka, ini beberapa tips jitu untuk menghindari bahaya kartu kredit:

  • Gunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan yang sudah direncanakan dan dianggarkan.
  • Jangan gunakan kartu kredit untuk memenuhi keinginan yang tidak prioritas.
  • Lunasi tagihan kartu kredit tepat waktu untuk menghindari bunga yang tinggi.
Petrus Hepi Witono