Satu Helai Rambut Pun Tuhan Tahu

Oleh: Linda Mutiara Lumban Tobing

Siapakah yang dapat menghitung jumlah rambut di kepalanya? Berapa jumlahnya dan berapa jumlah  rambut yang jatuh dari kepalanya? Tidak ada seorangpun yang tahu. Namun yang luar biasa, Allah dapat menghitung jumlah rambut satu per satu dari kepala kita. Bahkan Allah sanggup menjaga supaya tidak sehelai rambut pun jatuh dari kepala kita. Jika rambut di kepala kita saja tidak terluput dari perhatian Tuhan,  akankah Tuhan melupakan kita? Atau akankah Tuhan menarik tangan-Nya saat kita memohon pertolongan-Nya? Akankah Tuhan menutup telinga-Nya sehingga Ia enggan mendengar rintihan hati dan suara permohonan kita?

Sahabat Binus yang baik, terkadang kita mungkin merasa bahwa Tuhan begitu jauh atau kurang memperhatikan kehidupan kita.“Tuhan, apakah Engkau tahu keadaan ekonomiku saat ini? “Tuhan, apakah Engkau tahu kondisi kesehatanku?: Tidakkah Engkau peduli? Apakah Engkau melihat betapa berantakannya pernikahanku? Saat ini pernikahanku diambang perceraian. Tidakkah Engkau peduli? Apakah Engkau melihat bagaimana pekerjaanku? Bagaimana aku harus membayar uang kuliahku? Tidakkah Engkau peduli? Engkau tahu bagaimana rasa takut mencengkeram pikiranku. Tidakkah Engkau peduli? Tentu saja Tuhan peduli. Bahkan, Dia peduli lebih dari apa yang kita pikirkan. Tuhan ingin membantu lebih dari kita menginginkan pertolongan. Tuhan menyelidiki dan mengenal setiap kita dengan baik, bahkan sampai kepada hal-hal terkecil pun dalam kehidupan kita, karena Tuhan Maha Tahu.

Tapi seringkali saat masalah menimpa, kita cenderung untuk menyalahkan Tuhan atau orang lain, dan kita tidak dapat melihat maksud Tuhan di balik setiap persoalan yang kita hadapi. Tetapi setelah persoalan itu berlalu, barulah kita tahu bahwa Tuhan punya maksud yang baik atas persoalan yang menimpa kita. Ingatlah: TUHAN tidak pernah salah! Dia tidak pernah merancangkan hal yang buruk dalam hidup kita. Bahkan Alkitab jelas-jelas mencatat bahwa TUHAN merancangkan rancangan damai sejahtera untuk memberikan pada kita hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11).

Karena itu sahabat Binus yang baik, mari datang pada Tuhan. Jangan menjauh dari pada-Nya. Jangan mencari perlindungan dengan berlari kepada orang-orang yang kita anggap kuat dan hebat. Sebab sehebat dan sekuat apapun orang-orang tersebut, mereka tetaplah manusia, sama seperti dirimu.

Tuhan sangat mengenal Anda. Dia peduli terhadap masalah Anda. Dia mengerti keadaan dan kondisi hati Anda saat ini. . Tuhan mengenal Anda bahkan lebih dari Anda mengenal diri Anda sendiri. Sehelai rambut yang jatuhpun sudah Tuhan perhitungkan, begitu juga dengan persoalan yang akan kita hadapi.

Linda Mutiara Lumban Tobing