Merawat NKRI, Menjadikan NKRI Lebih Maju

Oleh: Nikodemus Thomas Martoredjo, S.S., M.M

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI adalah negara yang berbentuk kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik dengan nama Negara Indonesia. Dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 disebutkan bahwa tujuan berdirinya NKRI yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan ini dapat tercapai jika ada usaha bersama yang dilakukan oleh pemerintah dan juga seluruh warga Indonesia.

Untuk mewujudkan tujuan NKRI agar negara menjadi lebih maju, maka harus melakukan hal-hal berikut ini: menegakkan hak. Hak merupakan salah satu hal yang penting, apalagi hak warga negara itu merupakan suatu patokan agar dapat mewujudkan NKRI ini. Sebagai negara demokrasi rakyat memiliki hak asasi manusia yaitu mendapatkan perkerjaan, mendapatkan perlindungan hukum yang adil. Dan sebagai negara demokrasi, warga patut memperjuangkan hak untuk berpendapat tanpa ada paksaan atau ancaman dari pihak mana pun.

Berikutnya adalah mencintai tanah air. Cinta tanah air merupakan salah satu kunci dalam mengembangkan negara ini. Cinta tanah air juga bisa berupa mempelajari budaya lokal dan juga menggunakan produk lokal. Menggunakan produk lokal sebagai bahan pangan, sandang, dan papan. Hal ini dapat memenuhi kesejahteraan, dan membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia yang akan semakin meningkat jika membeli dan menggunakan produk lokal sendiri.

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah saling menghargai dan menghormati antar sesama warga negara. Tujuan negara yang keempat adalah ikut serta dalam menjaga ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Indonesia merupakan negara yang beragam suku, budaya dan agama. Karena itu semua harus bisa saling menjaga dan menerima perbedaan yang sudah ada. Dengan menghargai perbedaan yang ada, tidak melakukan rasisme, menghormati sesama terutama kepada yang lebih tua, bertutur kata santun, maka dapat menjaga kesatuan negara. Hal itu bukan hanya di dalam negeri saja namun juga harus dilakukan oleh dan kepada seluruh orang atau warga di dunia.

Merawat dan memelihara kemerdekaan, menjaga keutuhan NKRI dapat juga dilakukan dengan mengembangkan semangat rela berkorban. Para pahlawan telah terdahulu rela mengorbankan nyawa demi negara tercinta, hari ini kita hanya menikmati hasil dari pengorbanan mereka. Berkorban di sini bukan dalam artian harus berperang dengan menggunakan senjata, tetapi juga dalam menghadapi perang ideologi. Hari ini negara kita sedang tidak baik-baik saja dan benar apa yang dikatakan oleh almarhum Ir. Soekarno “perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, tetapi perjuangan kalian lebih berat, karena melawan saudara sendiri” dan hari ini perkataan ini benar terjadi.

Oleh karena itu sebagai anak bangsa kita perlu menjaga dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya sebagai rumah kita sendiri. Apa yang telah dikorbankan oleh Para Pahlawan dan Para Pendiri Negara ini harus selalu diingat sebagai semangat untuk tetap berjuang mempertahankan eksistensi dan meraih apa yang sudah dicita-citakan. Keberagaman yang ada  harus dijadikan sebagai kekayaan yang saling melengkapi dan membanggakan. Seandainya ada perbedaan kepentingan, harus diselesaikan dengan cara musyawarah demi kepentingan semua pihak, demi kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD 1945.

Nikodemus T. Martoredjo