Beragama Itu Untuk Membahagiakan Orang Lain Juga

Oleh: Jamson Siallagan  (D5050)

Kita mendapatkan kebahagian  melalui agama yang  kita yakini. Sebuah kebahagian yang subyektif    yang sangat bervariasi antara individu. Apa yang membahagiakan seseorang dalam konteks keagamaan bisa sangat subjektif dan tergantung pada keyakinan, nilai-nilai, dan pengalaman pribadi.

Pengalaman kerohanian yang mendalam  sangatlah  membahagiakan,  seperti momen ibadah,  refleksi dalam doa  atau meditasi yang membuat mereka merasa dekat dengan Sang  Ilahi. Pengalaman yang membuat seseorang merasa dicerahkan  atau mendapatkan wawasan yang mendalam tentang makna hidup atau alam semesta dapat membawa kebahagiaan. Pengalaman diampuni dan dipulihkan dapat membuat seseorang yakin  diterima dan diampuni oleh yang ilahi atau melalui ritual keagamaan tertentu dapat membawa perasaan lega dan bahagia. Semuanya itu memberikan ketenangan  batin.

Selain memberikan kebahagian bagi diri sendiri, kehidupan keberagamaan yang kita jalani semestinya juga membawa kebahagian bagi orang lain di sekitar kita. Beragama itu untuk membahagiakan orang lain juga. Jika kita  mengasihi dan memberikan  perhatian kepada orang-orang yang memerlukannya, baik dalam komunitas kita atau dalam lingkup lebih luas, maka akan membawa kebahagiaan kepada orang lain. Mengasihi itu  mencakup menghormati dan menghargai keyakinan dan agama orang lain. Membiarkan dan mendukung orang lain yang berbeda untuk menjalankan ibadahnya akan menciptakan  lingkungan yang inklusif dan saling menghormati. Memberikan dukungan moral dan emosional kepada individu dalam perjalanan spiritual mereka dapat membantu mereka merasakan kebahagiaan yang lebih dalam dalam keberagamaan mereka. Menjalani kehidupan Bersama di dalam Masyarakat dan menjadi sahabat dengan mereka yang berbeda akan memperkuat ikatan sosial dan memberikan kebahagiaan yang bersamaan. Mengasihi juga dapat kita wujudkan melalui  pekerjaan amal atau pelayanan sosial sebagai bagian dari keyakinan agama kita dapat membantu mereka yang membutuhkan dan menyebarkan kebahagiaan kepada mereka.

Keberagamaan kita akan membahagiakan orang lain jika kita menjalankannya dengan rasa kasih sayang, perhatian, dan kesediaan untuk membantu mereka yang memerlukan. Tentu hal ini  didorong oleh sikap yang positif dan praktik yang baik sesuai dengan ajaran agama kita, yang dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain juga.

Jamson Siallagan