Studi Kasus Dilema Moral

Oleh:  Adie Erar Yusuf  [Faculty Member, Character Building Development Center, Universitas Binus]

Sesuai keahliannya, Anton bekerja di unit pengolahan limbah di bawah supervisi senior yang telah bekerja lama di suatu perusahaan. Setelah bekerja beberapa lama, Anton baru sadar bahwa ada yang tidak beres di Perusahaan tersebut. Pengolahan limbah perusahaan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Terdapat  limbah berbahaya yang dibuang ke sungai dan sudah berlangsung bertahun-tahun. Dinas Lingkungan Pemerintah yang mengawasi dan memeriksa mungkin sudah mengetahui. Tapi perusahaan selalu menjamu para pegawai dinas tersebut dengan baik sehingga lolos dari pelanggaran lingkungan.

Anton sudah melaporkan masalah limbah  ke atasannya, tapi dia diminta diam dan bekerja saja. Selain itu, Anton juga sudah membicarakan kondisi itu kepada pemilik perusahaan, tapi pemilik perusahaan mengatakan bahwa biaya pembuatan instalasi pengolahan limbah sangat mahal dan perusahaan tidak punya anggaran. Jika dipaksa, maka perusahaan akan bangkrut dan ratusan orang harus di PHK.

Sebagai seorang yang taat beragama dan baik, Anton sangat resah dengan kondisi ini dan dia ingin melakukan hal yang benar. Setelah membaca berita di koran bahwa banyak anak-anak alergi dan banyak ikan mengalami keracunan di sepanjang sungai, maka Anton merasa bahwa sangat mungkin salah satu penyebabnya adalah limbah dari perusahaan.

Pertanyaannya, bagaimana jika Anda dalam posisi Anton. Keputusan apa yang akan Anda ambil? Apakah Anda akan tetap bekerja di perusahaan tersebut? Apakah Anda merasa Upaya  melapor ke atasan sudah cukup? Atau Anda akan mengundurkan diri dan  pindah bekerja? Jika Anda memilih berpindah kerja, apakah itu cukup untuk membebaskan Anda dari rasa bersalah?

Apakah Anda akan menjadi pelapor (whistle blower) ke luar? Bagaimana jika pihak yang Anda lapori tidak peduli? Bagaimana kalau Anda yang diseret ke pengadilan sebagai salah satu penanggung jawab pengolahan limbah? Bagaimana kalau perusahaan menjadi bangkrut dan ratusan orang di-PHK gara-gara kasus itu terpapar ke publik? Jika Anda melapor, bisa dipastikan Anda akan dianggap sebagai pengkhianat dan tak setia kawan.

Referensi

https://rumahinspirasi.com/dilema-moral-dalam-pengambilan-keputusan/

Dr. Adie Erar Yusuf