Prinsip Pendidikan Karakter

Oleh: Adie Erar Yusuf [Faculty Member, Character Building Development Center, Universitas Binus]

Pendidikan karakter merupakan upaya yang disengaja untuk membantu sesorang individu sampai dapat memahami, memperhatikan dan melakukan nilai-nilai etika yang inti (Lickona, 1991). Pendidikan karakter menekankan pada nilai-nilai yang perlu dipahami, diperhatikan dan diterapkan oleh peserta didik seperti tanggung jawab, jujur, peduli, adil. Pendidikan karakter juga sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas dan proses pendidikan menuju karakter dan akhlak mulia secara utuh terpadu dan seimbang. Prinsip dasar yang digunakan dalam pengembangan pendidikan karakter adalah berkelanjutan, melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah, serta muatan lokal, nilai tidak sekedar diajarkan tetapi dikembangkan dan dilaksanakan, proses pendidikan dilakukan peserta didik secara aktif dan menyenangkan.

Charles L, Glenn merekomendasikan prinsip-prinsip untuk merealisasikan pendidikan karakter yang efektif, yaitu:  1)  Mempromosikan nilai-nilai dasar etika sebagai karakter, 2) Mengidentifikasi karakter secara komprehensif supaya mencakup pemikiran, perasaan, dan perilaku, 3) Menggunakan pendekatan yang proaktif dan efektif untuk membangun karakter, 4) Menciptakan komunitas sekolah yang memiliki kepedulian, 5) Memberi kesempatan kepada peserta didik menunjukkan perilaku yang baik. 6)  Memiliki cakupan terhadap kurikulum yang bermakna dan menantang yang menghargai semua peserta didik, membangun karakter dan membantu untuk sukses, 7) Mengusahakan tumbuhnya motivasi diri dari para peserta didik, 8) Memfungsikan seluruh staf sekolah sebagai komunitas moral yang berbagi tanggung jawab untuk pendidikan karakter dan setia kepada nilai dasar yang sama, 9)  Adanya pembagian kepemimpinan moral dan dukungan luas dalam membangun inisiatif pendidikan karakter, 10) Memfungsikan keluarga dan anggota masyarakat sebagai mitra dalam usaha membangun karakter, 11) Mengevaluasi karakter sekolah, fungsi staf sekolah sebagai guru dengan manifestasi karakter positif dalam kehidupan peserta didik.

Jadi prinsip pendidikan karakter terutama memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan perilaku yang baik dengan cakupan kurikulum yang bermakna dan menantang,  menghargai dan membangun karakter serta membantu peserta didik untuk sukses.

Referensi:

Bafirman, Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Penjasorkes, Jakarta: KENCANA, 2016, hlm 49-50.

http://repository.radenfatah.ac.id/11299/2/BAB%20II.pdf

Dosen Pendidikan 2 (2023) Pendidikan Karakter Adalah, https://www.dosenpendidikan.co.id/pendidikan-karakter/

Ade C.P. Harahap (2019), Character Building Pendidikan Karakter, Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 9, No. 1, Edisi Januari-Juni 2019. https://core.ac.uk/download/pdf/287159385.pdf

Yunandra (2023) Prinsip Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. https://yunandra.com/prinsip-pengembangan-pendidikan-budaya-dan-karakter-bangsa/

Dr. Adie Erar Yusuf