Peran Persistensi Dalam Menghadapi Tantangan?

Oleh: Adie Erar Yusuf [Faculty Member, Character Building Development Centre, Universitas Binus]

Ketika menghadapi kesulitan dalam mengerjakan sesuatu, apa yang Anda rasakan? Ada perasaan ingin berhenti atau mundur karena terasa berat, atau sebaliknya terus berusaha karena hal ini penting dan Anda harus tetap berusaha sampai mencapai hasil. Pada saat Anda berhadapan dengan situasi tersebut, maka kapasitas mental untuk terus bertahan dan berupaya dalam menghadapi tantangan atau kesulitan yang dihadapi disebut persistensi (persistence). Persistensi merupakan kapasitas untuk tetap teguh pada apa yang dilakukan dan tetap semangat walaupun Anda merasa ingin berhenti atau sikap pantang menyerah. Sikap ini yang membuat seseorang tetap bergerak maju atau bertahan hingga tujuannya tercapai. Jadi  sikap persisten merupakan gabungan dari sikap gigih, sabar dan pantang menyerah terhadap apapun untuk mencapai tujuan. Orang yang memiliki sikap persisten selalu berupaya keras dalam meraih apa yang diinginkan walaupun menghadapi hambatan dan tantangan baik di dalam kelompok atau organisasi.

David Mc. Clelland mengemukakan salah satu karakteristik individu yang memiliki “Need for Achievement” yang tinggi juga memiliki persistensi yang tinggi. Individu tersebut tidak cepat menyerah dan berusaha untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Stolz membagi beberapa orang menjadi 3 golongan yaitu Quitters, Campers dan Climbers. Quitters adalah individu yang berhenti berusaha, tidak berani menerima tantangan lebih. Campers, adalah individu yang berusaha terlebih dahulu, lalu berisitirahat sejenak dan karena adanya rasa nyaman kemudian tinggal dan tidak melanjutkan lagi. Climbers, adalah individu yang berusaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan, tidak berputus asa menghadapi hambatan dan menganggap tantangan sebagi peluang.

Seseorang yang persisten pastinya memiliki karakteristik climbers. Persistensi sendiri tidak sama dengan keras kepala karena seseorang yang persistensi perilakukanya diarahkan oleh tujuan yang jelas dan rencana tindakan yang matang dalam melaksanakan usahanya. Sehingga akan meraih sukses dalam pekerjannya.

Referensi:

https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-agar-kita-bisa-menjadi-orang-yang-gigih/1347

https://www.dictio.id/t/persisten-kunci-sebuah-konsistensi-menggapai-mimpi/138234

Dr. Adie Erar Yusuf