Dua Sisi Mata Uang Identitas Profesional dan Komitmen Profesional

Oleh: Adie Erar Yusuf [Faculty Member, Character Building Development Center, Universitas Binus]

Identitas profesional dan komitmen profesional merupakan dua faktor yang akan dapat mengungkap telah terjadinya pelanggaran organisasi. Profesi adalah pekerjaan, di mana orang yang menyandang atau melakukan pekerjaan itu disebut dengan profesional. Seseorang yang profesional melakukan pekerjaan karena terlatih dan siap menyelesaikan pekerjaanya  dengan imbalan uang dengan jumlah tetentu. Di samping itu,   komitmen profesional harus menjadi pegangan hidup sehari-hari  bagi seorang yang profesional, yaitu melaksanakan nilai-nilai yang dianut dan dibudayakan di dalam organisasi atau perusahaan. Keduanya sebagai dua sisi mata uang yang  akan saling melengkapi dan menguatkan karena kesuksesan seseorang dalam bekerja ditentukan oleh kedua faktor tersebut.

Identitas dan komitmen profesional ini diharapkan akan menjauhkan seseorang dari penyakit bosan, cepat lelah, tidak stabil, atau tidak suka marah dan akhirnya menumbuhkan motivasi dan promosi jabatan yang didasari oleh norma dan etika organisasi.

Organisasi  yang modern mulai menyadari bahwa budaya organisasi memberikan dampak yang komprehensif terhadap sistem dan penerapan strategi yang tepat, di mana semuanya berakar dari jiwa organisasi. Jiwa organisasi adalah sikap, kepercayaan, kebiasaan, dan harapan-harapan semua individu mulai dari lapisan tertinggi sampai ke lapisan terendah dalam organisasi.

Referensi:

Desi Asmaret (2022) Perilaku Organisasional, Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada

Dr. Adie Erar Yusuf