Tahun Baru, Harapan Baru

Oleh: Murty Magda Pane

Memasuki tahun 2022 di bulan Januari ini, sudah mulai banyak acara yang meramaikan pergantian tahun. Memasuki, bisa dikatakan, fase akhir dari era pandemic ini, sudah mulai terlihat acara-acara diselenggarakan dengan cukup meriah untuk merayakan pergantian tahun. Tetapi pada pergantian tahun tentunya kita juga banyak mendapatkan dan membaca rangkaian kata-kata indah yang terjalin menjadi kalimat-kalimat indah untuk membangkitkan semangat kita untuk menatap dan menyongsong harapan baru sehingga kita pun akan mempersiapkan energi yang baru pula. Tak jarang kalimat-kalimat tersebut juga membuat kita merenung dan kembali merefleksikan diri kita di tahun yang baru.

Sebagai makhluk hidup yang memiliki akal budi, seyogyanya kita menyempatkan diri untuk melihat ke masa lalu dan mengalkulasi, apakah lebih banyak kebaikan yang telah dilakukan dibanding dengan keburukan? Atau malah sebaliknya, banyak hal-hal yang buruk yang dilakukan sehingga kebaikan kita tertutup oleh keburukan di tahun ini? Introspeksi ini akan menjadi modal bagi kita untuk mempersiapkan masa depan agar hal-hal yang buruk tidak terjadi lagi. Seyogyanya pula kita terus melakukan perubahan-perubahan menuju kebaikan sehingga menjadi orang-orang beruntung. Jangan sampai kita menjadi orang yang merugi apalagi sampai menjadi golongan orang celaka dengan tidak memperbaiki masa depan ke arah yang lebih baik.

Evaluasi diri lebih dini akan menguntungkan kita pada kehidupan kelak. Dengan mengevaluasi diri sendiri, kita akan mengenali kekurangan-kekurangan yang diharapkan dapat diperbaiki sesegera mungkin. Kondisi ini akan meminimalkan kesalahan kita sehinga kita bisa menjalani hidup ini dengan lebih ringan dengan beban yang seminimal mungkin.

Dua momen penting saat tahun baru adalah sebagai berikut:

1. Momen Muhasabah atau Intropeksi Diri

Makna tahun baru yang penting adalah sebagai momen introspeksi diri atau muhasabah. Dalam menyambut tahun baru, kita bisa merenungkan perbuatan kita di tahun-tahun sebelumnya dan merencanakan tujuan di tahun yang baru ini dengan resolusi-resolusi yang Anda tetapkan sendiri. Tentunya resolusi ini merupakan resolusi yang baik dan harus diiringi oleh usaha yang tekun dan berdoa yang tanpa henti, berharap kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Momen Menuju Kebaikan

Tahun baru juga memiliki makna bahwa telah terjadi perubahan pada waktu, dan seyogyanya perubahan pada sesuatu yang menuju kebaikan, memiliki manfaat untuk seluruh manusia dan untuk semua alam semesta dengan menggunakan semangat damai penuh kasih sayang. Memasuki tahun baru, dalam rangka menuju kebaikan, tentunya kita perlu memulai untuk memperbaiki akhlak kita agar bisa menebar kebaikan kepada sesama manusia dan seluruh alam semesta.

Referensi:

https://www.ayosurabaya.com/khazanah/pr-786327996/khutbah-jumat-terbaru-2022-singkat-padat-tentang-introsepksi-diri-memasuki-pergantian-tahun-baru-2023?page=3 https://www.bola.com/ragam/read/4627302/8-makna-tahun-baru-islam-bagi-umat-muslim-penting-untuk-dipahami

Murty Magda Pane