Character Building BINUS UNIVERSITY Hadiri RAT KE-17 KSP BEREROD GRATIA

Jakarta, Character Building

Sebagai komitmen kemitraaan, Character Building Development Center (CBDC) Binus University ikut menghadiri kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-17 Tahun Buku 2022 Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Bererod Gratia yang digelar di Hotel D’Prima Tangerang, Minggu 19 Maret 2023. Character Buiding Binus diwakili oleh Bapak Dr. Frederikus Fios S.Fil., M.Th sebagai Ketua/Manager Program Character Building Development Center Binus University. Character Building Binus merupakan mitra/partner KSP CUBG dalam hal literasi karakter, center of local culture, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung fostering and empowering the society.

Tema yang diusung dalam RAT kali ini bertajuk “Kuat Bersama Komunitas dan Bertumbuh Bersama Anggota”. Dalam rapat ini pengurus melakukan pertanggungjawaban kinerja tahun 2022 dan laporan hasil pengawasan oleh pengawas KSP CU Bererod Gratia. Tema ini menarik dan relevan untuk situasi saat ini yang strategis dan tepat untuk membangun bersama dengan berbasiskan komunitas.

Hadir pada kesempatan ini Ketua PUSKOPCUINA sekaligus membuka rapat Ibu Eustella Maris, Ketua Pengurus CUBG Bapak Melianus Mau Leon, Wakil Ketua Leonardus Dunu, Sekretaris Hermawan Budi S, Bendahara Ola Ama Matheus, Dominikus Rahmat (Anggota Pengurus), St. Supriyanto (Anggota Pengurus), YB Priyanto Budi M (Anggota Pengurus), Ibu Yunita Yocum (Ketua Pengawas), Ibu Ida Rahayu (Ketua Sekretaris Pengawas) dan Bapak Ahmad Rofiq (Anggota Pengawas).

Hadir juga Manajemen Kantor Pusat: General Manajer Agus Wiyono, Deputi Organisasi dan SDM Jeffrey Christian Sairatu, Deputi Keuangan Alexander Akbar Roby A, Deputi Diklat dan Pemberdayaan Yoan Setiawan, dan para staf lainnya. Hadir juga seluruh management kantor cabang Cikini, Tangerang, Kampung Sawah, Tanjung Priok, Bintaro, Duren Sawit, Pamulang, Bantar Gebang, dan Pasar Kemis. Hadir juga para undangan lain sebagai mitra KSP CUBG. Seluruh peserta rapat mencapai sekitar hampir 500 orang.

 

Ketua Panitia RAT Bapak Jefrrey Christian Sairatu dalam sambutannya menyapa nama para tamu undangan dengan sangat baik dan mengucapkan terima kasih kepada semua tamu undangan dan peserta yang hadir dalam RAT ini. Jefry juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dan saling support sehingga kegiatan RAT dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Ketua Panitia Jeffrey Christian menyampaikan kata sambutan dalam RAT

 

Ketua PUSKOPCUINA Ibu Eustella Maris dalam kata sambutannya membuka RAT mengatakan KSP CUBG terus berkembang walau tantangan dunia global dan nasional tidak kalah dashyatnya akibat Pandemi Covid 19 dan berbagai masalah lain. “Kita mendengar banyak KSP yang terseok-seok bahkan terancam bangkrut, namun KSP CUBG justru semakin berkembang baik dari sisi asset maupun penambahan jumlah anggota dan juga kelompok binaan”, kata Ibu Eustella.

Ketua Pengurus CUBG, Bapak Melianus Mau Leon dalam kata sambutannya mengajak semua yang terlibat dalam CUBG untuk tetap komit terus berjuang untuk melayani dan  bekerja secara professional untuk mengembangkan KSP CUBG sehingga dapat mencapai cita-cita besarnya menciptakan kesejahteraan bagi seluruh anggotanya. Meli Mau Leon juga menyampaikan catatan pertumbuhan dan pencapaian kinerja yang baik dalam dinamika pertumbuhan KSP CUBG.

“Ada 11.373 anggota memiliki 4 jenis simpanan (saham, megapolitan, harian dan darurat); Simpanan produktif  1845 simpanan rumah tangga 352 dan simpanan pendidikan 1455; 2421 anggota menunggak simpanan wajib 5475 anggota peminjam; pertumbuhan anggota 153 bersih (1,36%) dan pertumbuhan aset sebesar 3,5 Miliar atau 2,03%”, jelas Meli Mau.

Oleh karena itu, menurut Meli Mau, penguatan komunitas melalui pertemuan periodik yang terencana, kerja cerdas dan kerja sama general manager dan jajaran staf harus ditingkatkan, peran community organizer harus juga ditingkatkan dan kesadaran seluruh anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa harus semakin lebih baik.

“Dengan demikian bertumbuh bersama anggota dapat terjadi karena  pola pikir wirausaha sudah menjadi gerakan bersama sehingga pada suatu waktu tertentu anggota dapat merasakan perubahan kualitas hidup baik secara fisik maupun moral sebagai bentuk perwujudan misi ekonomi dan misi sosial”, imbuh Meli Mau.

Secara keseluruhan kegiatan RAT ini berlangsung dengan lancar dan meriah. Diawali dengan Tarian Jai oleh anak-anak YPU, lalu doa pembukaan, Lagu Indonesia Raya dan Himne CU, Mars Puskopcuina dan Mars CUBG, Misi, Visi, Nilai-Nilai dan Slogan CUBG, Laporan Ketua Pelaksana dan sambutan-sambutan. Usai itu Coffee Break, lalu dilanjutkan dengan Sidang Pleno I, Sidang Pleno II, Istirahat-Makan Siang, Sidang Pleno III, Rapat Anggota Khusus, lalu ditutup dengan door prize, foto bersama dan doa penutup.

 

 

Frederikus Fios
  1. I have been surfing on-line more than three hours as of late, yet I by no means discovered any interesting article like yours. It's lovely value enough for me. Personally, if all website owners and bloggers made just right content as you probably did, the net might be a lot more helpful than ever before.