Berhenti Sejenak Lalu Jalan Lagi: Refleksi Kehidupan

Oleh: Oki Hermawati

Salah satu hal yang paling saya sukai ketika menonton film di salah satu platform adalah klik tombol Pause (Berhenti Sejenak). Masa Pause biasa saya gunakan untuk ambil minum, pergi ke toilet, ambil camilan bahkan ngobrol sebentar untuk diskusi film dsb. Apakah kalian juga menikmati waktu klik tombol Pause? 😊

Hal-hal menarik berkaitan dengan Pause dapat dikaitkan dalam beragam konteks kehidupan. Ada tiga hal menarik tentang Pause.

  • Pause dan Kinerja: Manusia di dalam hidupnya memiliki ritme dalam bekerja. Mereka berangkat kerja dari pagi dan bekerja hingga sore atau malam hari. Ritme pekerjaan yang dikerjakan sepanjang hari juga membutuhkan Pause. Manusia bukan robot yang bekerja terus tanpa pernah berhenti sejenak untuk istirahat, bahkan robot pun juga perlu Pause! Manusia berhenti sejenak dari pekerjaannya, lalu melanjutkan lagi pekerjaan itu. Masa Pause ia gunakan untuk melepas lelah atau penat, mendengarkan musik kesukaannya, makan atau minum lalu melanjutkan pekerjaan dengan penuh energi, semangat dan segar kembali. Sama seperti kapak dari penebang kayu yang butuh berhenti sejenak untuk diasah lalu digunakan lagi dengan lebih tajam dan mampu kembali menebang puluhan pohon.
  • Pause dan Ide: Masa Pause dapat memberikan ide bagi seseorang. Seseorang yang asyik berkutat dengan pekerjaan lalu menemukan jalan buntu, maka ia perlu berhenti sejenak. Ketika ia melakukan Pause, ia memiliki waktu untuk berefleksi, memikirkan hal lain dan dapat saja menemukan hubungan satu dengan lain dan lahirlah serangkaian ide.
  • Pause dan Spiritualitas: Manusia yang memiliki segudang kegiatan dari matahari terbit sampai matahari terbenam tidak akan pernah ada habisnya jika tidak melakukan Pause! Berhenti sejenak dari aktivitas, lalu mengambil waktu berdoa, sembahyang, meditasi dll untuk meningkatkan kerohanian manusia. Manusia melakukan hubungan secara vertikal kepada Tuhan, belajar peka dengan hati nurani, melakukan hal yang baik kepada orang lain.

Pause merupakan suatu hal yang menarik bukan? Selain tiga hal diatas tentu kita bisa menggali aspek lain yang berkaitan dengan Pause. Kita perlu dalam hidup untuk melakukan Pause karena banyak hal yang kita pelajari dan dapatkan dengan Berhenti Sejenak dan sehabis itu jangan lupa untuk Berjalan Lagi, sebab kehidupan memang masih terus berjalan 😊. Selamat Tahun Baru 2023.

Oki Hermawati