Relasi Identitas Indonesia dengan Budaya Bangsa Pancasila

Oleh: Cecilia Audrey Herli | PPTI 12 | 2502040461

Menurut KBBI, identitas adalah ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang (jati diri). Setiap orang mempunyai identitasnya masing-masing. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia cenderung berinteraksi sesuai dengan identitas yang dimiliki karena komunitas idealnya dibangun berdasarkan identitas bersama. Selain individu, setiap bangsa juga memiliki identitasnya sendiri, berupa identitas nasional.

Identitas nasional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah identitas Indonesia. Indonesia merupakan sebuah nama, sekaligus merupakan sebuah identitas. Identitas Indonesia menjadi sebuah karakteristik yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya. Namun, identitas bukanlah sesuatu yang diberikan atau ada sejak lahir. Identitas merupakan hasil pembelajaran. Oleh karena itu, dalam proses mendapatkan identitas Indonesia tersebut, masyarakat Indonesia harus mempelajari berbagai hal, seperti bahasa nasional (bahasa Indonesia), lagu kebangsaan (Indonesia Raya), termasuk budaya Indonesia.

Banyak orang salah dalam mengartikan budaya sendiri atau budaya lokal sebagai budaya negara Indonesia. Budaya Indonesia yang dimaksud adalah budaya bangsa, bukan berupa budaya lokal seperti Tari Kecak dari Bali, Tari Saman dari Aceh, alat musik Angklung dari Jawa Barat, dan budaya-budaya lainnya yang hanya dimiliki oleh masyarakat pada daerah tertentu. Budaya bangsa merupakan budaya yang seharusnya dimiliki oleh semua orang dengan Identitas Indonesia. Budaya bangsa Indonesia adalah Pancasila karena nilai-nilainya telah ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia sebelum disahkan menjadi dasar negara (Mutaqin, S.A., 2022). Budaya atau kebiasaan umum masyarakat Indonesia seperti gotong royong, saling menolong, musyawarah dan hal-hal lainnya sudah berada di dalam Pancasila tersebut.

Nilai-nilai Pancasila sebagai budaya bangsa Indonesia adalah sebagai berikut (Mutaqin, S.A., 2022):

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Adanya nilai rohani yang mengatur hubungan negara dan agama, hubungan manusia dengan Sang Pencipta, serta nilai hak asasi manusia.

  1. Kemanusiaan Yang adil dan Beradab

Adanya nilai cinta kasih, nilai kesopanan, membela kebenaran, sopan santun, dan menghormati orang lain.

  1. Persatuan Indonesia

Adanya nilai   yang   menjunjung   tinggi   tradisi   perjuangan   dan kerelaan untuk berkorban, serta menjaga kehormatan bangsa dan negara.

  1. Kerakyatan yang   dipimpin   oleh   hikmat   kebijaksanaan   dalam permusyawaratan / perwakilan

Adanya nilai agar manusia lndonesia menjunjung tinggi tanggungjawab terhadap keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Termasuk tanggungjawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan cara menegakkan kebenaran, keadilan, kehidupan yang bebas, adil, dan sejahtera.

  1. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Keadilan sosial berarti keadilan   yang berlaku dalam masyarakat di segala  bidang kehidupan, baik jasmani maupun rohani. Dalam sila ini, terdapat nilai keselarasan, keseimbangan   antara   hak   dan   kewajiban, serta   nilai   kedermawanan terhadap sesama

Sehingga selain sebagai dasar negara dan ideologi nasional Indonesia seperti yang banyak diketahui, Pancasila merupakan salah satu identitas nasional Indonesia. Pancasila sebagai identitas nasional Indonesia adalah sumber motivasi, inspirasi, pedoman berperilaku, dan sekaligus tolak ukur kebenarannya (Harruma, Issha, 2022). Pancasila menjadi ”rule of life” bagi masyarakat Indonesia. Hal ini berarti bahwa Pancasila berperan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari, termasuk semua kegiatan, aktivitas hidup, dan kehidupan di dalam segala bidang. Oleh karena itu, untuk mempelajari identitas Indonesia, masyarakat harus menghayati Pancasila sebagai budaya bangsa sehingga semua perbuatan dan tindakan mereka memancarkan semua sila dalam Pancasila.

Daftar Pustaka

Harruma, Issha. 2022. Pancasila sebagai Identitas Nasional, Kompas. com, dilihat pada tanggal 28 Januari 2023, dari https://nasional.kompas.com/read/2022/12/05/00000071/pancasila-sebagai-identitas-nasional

identitas. 2016. KBBI Daring. Dilihat pada tanggal 28 Januari 2023, dari https://kbbi.web.id/identitas

Mutaqin, S.A. 2022. Implementasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Budaya Bangsa Indonesia, Kompasiana, dilihat pada tanggal 28 Januari 2023, dari https://www.kompasiana.com/saqibamar/636dc6c44addee15800fa522/implementasi-nilai-nilai-pancasila-sebagai-budaya-bangsa-indonesia

Cecilia Audrey Herli