Pertahanan Pemeliharaan Budaya dan Sejarah dari Identitas dan Nasionalisme Indonesia

Oleh: Christian Chandra Kusuma | PPTI 13 | 2502041413

Nasionalisme adalah suatu pandangan politik dan sosial yang menekankan pada pentingnya keutuhan, kesatuan, dan solidaritas suatu bangsa. Selain itu, hal terkait Nasionalisme ini sering dikaitkan dengan perasaan cinta dan loyalitas terhadap negara dan bangsa sendiri, serta memperjuangkan kepentingan nasional. Aspek-aspek penting yang ada dalam nasionalisme, seperti rasa cinta dan kesetiaan terhadap negara, memperjuangkan kepentingan nasional, dan memelihara kebudayaan dan tradisi bangsa. Hal-hal tersebut yang membuat nasionalisme itu sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk identitas dan jati diri dari suatu bangsa. Nasionalisme tidak hanya memperjuangkan kepentingan dari nasional saja, akan tetapi juga memperjuangkan keberlanjutan bangsa dan negara. Kegiatan yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat dan warga negara Indonesia adalah dengan mempertahankan budaya dan sejarah yang ada, serta memperkuat identitas nasional. Selain itu, memperkuat nasionalisme dapat dengan memperkenalkan budaya dan sejarah Indonesia kepada generasi muda yang masih berkembang dan bertumbuh, hal tersebut dapat melalui pendidikan sekolah yang mereka tempuh, dan juga pelestarian budaya tradisional seperti permainan di setiap daerah, atau kegiatan tradisi masing-masing daerah.

Identitas Indonesia adalah konsep yang menggambarkan jati diri dan ciri khas dari bangsa Indonesia. Identitas ini melputi berbagai aspek, seperti budaya, bahasa, sejarah, agama dan nilai-nilai yang mendasar. Budaya Indonesia juga banyak dan memiliki keanekaragaman yang dapat kita lihat dan ketahui adalah banyak tradisi dan adat istiadat yang berbeda dari satu wilayah dan wilayah lainnya. Identitas Indonesia sendiri terdiri dari berbagai elemen, seperti bahasa, budaya, sejarah, dan lain-lain. Elemen-elemen yang ada ini begitu penting terhadap negara Indonesia, karena hal tersebut membedakan Indonesia dari negara lain dan menghasilkan ciri khas tersendiri yang unik. Oleh karena itu, diperlukannya upaya atau usaha untuk mempertahankan dan memperkuat identitas nasional ini.

Nasionalisme dan Identitas Indonesia adalah dua hal yang sangat penting dan saling berhubungan erat satu dengan linnya. Nasionalisme memberikan rasa bangga dan memperjuangkan kepentingan bangsa, sedangkan Identitas Indonesia sendiri membedakan Indonesia dengan negara-negara yang lain. Kedua hal ini saling melengkapi dan membantu mewujudkan suatu bangsa yang solid, kompak, memiliki rasa nasionalisme yang kuat, serta hal lainnya. Namun, ada hal yang perlu kita ingat yaitu nasionalisme dan identitas Indonesia tidak seharusnya dilakukan demi kepentingan sekelompok atau segolongan orang saja, serta tidak memandang rendah negara lain. Sebaliknya, harus dilakukan dengan sikap toleransi dan kerjasama yang baik dengan negara lain.

Christian Chandra Kusuma