Pentingnya Literasi Digital di Era Digitalisasi

Oleh: Annastasia Aswie | PPT11 

Teknologi memiliki kontribusi yang besar dalam perkembangan kehidupan manusia pada era digitalisasi ini. Kepraktisan yang diberikan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, seperti hadirnya ponsel yang memudahkan manusia dalam berkomunikasi, tentu merupakan buah dari era modernisasi. Namun, buah tersebut tidak selalu dimanfaatkan dengan baik oleh pemiliknya dikarenakan berbagai faktor dan salah satunya adalah kurangnya literasi digital pada masyarakat. 

Literasi digital merupakan faktor esensial yang perlu diperhatikan dalam penggunaan teknologi. Hal ini dikarenakan literasi digital tidak hanya menyinggung penguasaan teknologi secara teknis, namun juga menyinggung literasi informasi yang menyangkut kemahiran dan kebijakan dalam mengevaluasi dan menganalisa berbagai infomasi yang didapatkan dan bertanggung jawab dalam menggunakan informasi.  Meskipun dinilai penting, nyatanya penerapan literasi digital masih cukup rendah. Persoalan seperti pornografi, cyberbullying, atau hoaks yang masih marak terjadi di Indonesia pun menjadi bukti dari rendahnya literasi digital. 

Berbagai kasus yang pernah terjadi di Indonesia membuktikan bahwa Indonesia memiliki tingkat literasi digital yang rendah. Salah satu contoh rendahnya literasi digital masyarakat Indonesia adalah munculnya hoaks bahwa adanya penyebaran penyakit atau virus melalui vaksin imunisasi karena vaksin yang digunakan mengandung sel-sel virus, nanah, dan darah. Isu tersebut pun menyebabkan dampak yang cukup signifikan terhadap stigma masyarakat mengenai imunisasi sehingga para orang tua pun menjadi ragu dan takut untuk memberikan imunisasi kepada anak-anaknya. Selain itu, kasus survei Microsoft pun menjadi salah satu bukti rendahnya literasi digital masyarakat. Masyarakat Indonesia pernah berbondong-bondong menyerang akun Microsoft setelah Microsoft mengeluarkan hasil survei yang menyebut bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kesopanan terendah. Menilik kasus yang telah terjadi, dapat diketahui betapa pentingnya literasi digital untuk mengembangkan Indonesia itu sendiri.

Meningkatkan literasi digital pada masyarakat merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dengan meningkatnya literasi digital, maka pola pikir dan pandangan masyarakat dalam melihat suatu permasalahan juga akan berubah menjadi lebih kritis dan kreatif. Berbagai cara dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi digital, salah satunya adalah penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti menerapkan sila kedua Pancasila yaitu “Kemanusiaan yang adil dan beradab” sehingga tindakan seperti cyberbullying pun akan lebih berkemungkinan untuk dicegah.

Apabila terjadi peningkatan literasi digital pada masyarakat, negara pun akan terbantu dalam berbagai aspek pemerintahan. Warga negara akan lebih mampu untuk memanfaatkan teknologi dengan baik dan menyaring berbagai informasi atau konten di era digital yang sangat memudahkan penyebaran berbagai informasi ini. Dengan adanya penyaringan informasi dan pemanfaatan teknologi yang baik, pencegahan dampak negatif dari era modernisasi ini pun dapat terlaksanakan sehingga terciptalah negara Indonesia yang lebih makmur. 

Annastasia Aswie