Pentingnya Literasi Digital bagi Seluruh Masyarakat

Oleh: Shilvia Meidhi Honova | PPTI 13 | 2502041533

Dalam dunia yang semakin bergantung pada teknologi digital ini, teknologi berkembang sangat maju dan bahkan dapat dikatakan saat ini internet menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Anak-anak dan remaja yang menggunakan internet dan media digital untuk mencari dan menyebarkan berbagai informasi yang telah didapatkannya. Tidak jarang juga, mereka lebih mengetahui cara penggunaan internet maupun smartphone dibandingkan orang tua mereka. Orang tua tidak memberikan pengawasan lebih pada mereka karena kurangnya pengetahuan orang tua terhadap peradaban terkini, juga karena kurangnya penerapan literasi digital. Ini dibuktikan dengan Indeks Literasi Digital Indonesia pada 2021 sebesar 3.49 dari skala 1-5. Tidak sedikit dari mereka yang terlibat dalam perungungan (bullying), memberikan ujaran kebencian, pornografi, menyebarkan berita bohong (hoax), dan perilaku intoleran.

Hal ini membuktikan bahwa penting untuk mengajarkan literasi digital pada seluruh lapisan masyarakat dan alangkah lebih baiknya jika dimulai sejak dini. Literasi digital adalah kemampuan untuk membaca, menulis, keterampilan teknis, dan pemikiran kritis menggunakan teknologi seperti smartphone, PC, dan lain-lain untuk menemukan, mengevaluasi, dan mengomunikasikan informasi.  Literasi digital berkaitan dengan etika digital dalam menggunakan media digital dan internet, meliputi bagaimana menggunakan media digital dan internet dengan tepat, aman, etis, dan bertanggungjawab, serta menilai informasi, membaca dan menulis secara kritis pada media online. Selain itu, kemampuan untuk menggunakan teknologi digital yang baik, tidak hanya mengenai bagaimana teknologi tersebut berfungsi, namun juga kesadaran etika dan tanggungjawab dalam penggunaannya.

Dalam era digital, akses ke informasi adalah kunci untuk mengambil keputusan yang tepat dan memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang topik yang diminati. Dengan keterampilan yang baik dalam menggunakan teknologi, seseorang dapat melakukan tugas-tugas tertentu dengan lebih cepat dan efisien. Literasi digital memungkinkan individu untuk berkomunikasi dengan orang lain di berbagai belahan dunia dengan mudah dan efektif melalui platform digital seperti email, pesan instan, media sosial, dan video conference. Literasi digital memungkinkan seseorang menciptakan karya seni yang menarik dan bermakna. Literasi digital memungkinkan individu untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online sehingga dapat meningkatkan keterampilan sosial dan memperluas jejaring sosial.

Dalam keseluruhan, literasi digital yang dipraktikkan dengan etika teknologi dapat membantu seseorang untuk menggunakan teknologi digital dengan baik dan efektif dalam kehidupan sehari-hari, sambil meminimalkan risiko dan dampak negatif. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengerti literasi digital dengan etika teknologi dalam penerapannya.

Shilvia Meidhi Honova