Pengaruh Literasi Digital Terhadap Generasi Penerus Bangsa

Oleh: Amanda Ardianti | PPTI 12

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer sebagaimana yang dikatakan oleh Paul Gilster dalam bukunya yang berjudul Digital Literacy. Saat ini, literasi digital memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat terlebih generasi muda. Dapat dikatakan bahwa generasi muda menghabiskan waktu yang sangat banyak dalam menggunakan internet. Di era globalisasi ini, generasi muda dan literasi digital merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan mengingat konsumsi waktu yang digunakan remaja dalam berliterasi digital.

Literasi digital tentunya memudahkan generasi muda untuk mencari segala jenis informasi yang tersedia di internet. Apabila digunakan dengan bijak, segala informasi yang dapat diakses bisa memudahkan dalam mempelajari hal yang bermanfaat. Literasi digital dapat mempermudah pencarian sumber penelitian dan lain sebagainya. Literasi digital juga dapat dimanfaatkan generasi muda sebagai sumber pengetahuan terhadap berbagai media ekonomi, politik, finansial, dan lain-lain. Generasi muda juga bisa memperoleh informasi untuk mengasah skill mereka dari internet. Dahulu, buku merupakan sumber belajar utama yang mana tidak semua orang memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan buku-buku, tetapi literasi digital mampu menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Literasi digital memiliki manfaat yang sangat banyak, tetapi pada dasarnya literasi digital ini sama seperti pedang bermata dua. Dengan kemudahan mengakses segala informasi, hal ini juga berarti kemudahan dalam mengakses informasi negatif. Adapun masalah dari literasi digital ini adalah kecanduan terhadap penggunaan internet, kecanduan terhadap game online, mudahnya penyebaran berita hoax dan SARA, akses yang mudah terhadap konten pornografi, prostitusi, penculikan, serta maraknya perundungan dunia maya(cyberbullying) pada generasi muda. Kecanduan yang disebabkan oleh hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya dapat memberi pengaruh buruk pada generasi muda baik secara akademis maupun sosial. Perundungan dunia maya yang terjadi bagi generasi muda dapat sangat mempengaruhi sosial dari generasi muda yang bahkan dapat mengarah pada kematian.

Dampak positif dan negatif dari literasi digital tentunya sangat dirasakan oleh generasi muda. Generasi muda memiliki kemampuan untuk menggunakan serta memanfaatkan literasi digital dengan bijak. Tetapi, alangkah baiknya apabila terdapat pengawasan dari orang tua bagi generasi muda dalam berliterasi digital agar literasi digital dapat dijadikan sebagai peluang untuk meningkatkan, mengembangkan, serta memperkaya potensi yang dimiliki oleh generasi muda. Penting bagi generasi muda untuk memahami peluang yang bisa mereka dapatkan apabila mereka bijak dalam berliterasi digital.

Amanda Ardianti