Partisipasi Masyarakat Indonesia dalam dunia global

Oleh: Muhammad Fauzi Septiana Putra | PPTI 11 | 2502040373

Kewarganegaraan global atau yang biasa disebut dengan global citizenship adalah kepekaan dari setiap warga negara yang berkeinginan untuk membantu dan berpartisipasi dalam masalah isu global yang mempengaruhi hidup mereka dan dunia secara luas. Isu – Isu di dunia ini mencangkup hak asasi manusia, lingkungan, kedamaian , pembangunan berkelanjutan dan lain lain. Lalu apa sih tujuan dari global citizenship ini ? Tujuannya adalah untuk membantu dalam menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di dunia.

Sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya kita turut andil dalam menciptakan keadilan bagi dunia. Banyak cara untuk mewujudkannya seperti mengikuti kegiatan relawan, menjadi seorang aktivis, dan juga ikut dalam kegiatan pertukaran pelajar. Warga Indonesia bisa mengikuti kegiatan relawan yang bersinggungan langsung dengan masalah global baik itu dalam skala kecil (Lokal) maupun skala besar (Internasional). Kegiatan relawan dengan skala kecil itu seperti mengikuti organisasi dalam negeri yang bergerak di bidang perlindungan hak – hak asasi manusia, sedangkan dalam skala besar itu misalnya organisasi internasional yang bergerak dibidang perlindungan alam dunia. Manfaat mengikuti kegiatan ini adalah masing masing individu akan mendapatkan banyak hal positif, pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang baru, dan membangun hubungan dengan orang dari berbagai budaya dan latar belakang yang berbeda.

Aktivis merupakan sekelompok orang yang membuat organisasi ataupun menggerakan sebuah kegiatan. Kegiatan Aktivis yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti demonstrasi yang mendukung perihal penyelesaian dalam permasalahan global. Manfaat dari mengikuti kegiatan ini adalah setiap individu dapat memberikan edukasi perihal dengan masalah yang terjadi di dunia kepada masyarakat luas.

Kegiatan pertukaran pelajar merupakan salah satu cara untuk mewujudkan dunia yang damai, karena dengan bertukarnya para pelajar diharapkan mereka saling membawa ilmu dari masing masing kebudayaan untuk saling mereka hargai, tidak hanya itu diharapkan dengan adanya pertukaran pelajar ini bisa membangun hubungan positif dari satu negara ke negara lainnya, dengan begitu kedamaian dunia pun bukan menjadi sesuatu yang mustahil.

Secara keseluruhan, masalah dalam kehidupan global bisa kita tangani bersama dengan cara cara yang sudah disebutkan diatas. Maka dari itu penting bagi masyarakat indonesia untuk saling bahu membahu demi masa depan dunia yang lebih inklusif, adil, dan sejahtera.

Muhammad Fauzi Septiana Putra