Lingkungan Kita adalah Hidup Kita

Oleh: Kartono Apriliyandi | PPTI 13 |2502041501

“Lingkungan kita adalah hidup kita, dan kita semua bertanggung jawab untuk melindungi dan mempertahankannya. Kita tidak dapat memisahkan masalah lingkungan dari masalah hidup kita sendiri, karena lingkungan mempengaruhi kesehatan, keselamatan, dan kualitas hidup kita.”

Lingkungan bukanlah hanya tanggung jawab pemerintah atau organisasi semata, melainkan juga merupakan tanggung jawab kita sebagai warga global. Kita semua harus berperan dalam memastikan bahwa lingkungan kita tetap lestari untuk generasi masa depan. Peran kita bisa dilakukan dari hal-hal yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti memahami dampak dari aktivitas kita pada lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, mengurangi pemakaian energi, menjaga air bersih, dan mengurangi polusi udara.

Tindakan-tindakan sederhana seperti ini dapat membuat perubahan besar bagi lingkungan. Hal ini tidak hanya berdampak baik bagi lingkungan sekitar kita saja, melainkan keseluruhan lingkungan di dunia jika setiap warga global berpartisipasi aktif dalam melakukan perlindungan lingkungan. Terwujudnya tujuan ini jika setiap warga global menyadari dan memahami bahwa dunia ini memiliki arti yang lebih luas, dimana tidak hanya sebagai tempat yang kita tinggali saja, melainkan juga sebagai tempat yang memberikan kita kehidupan yang layak.

Lingkungan merupakan sumber hidup bagi semua makhluk hidup dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan mempertahankannya. Namun, aktivitas manusia yang tidak bijak, termasuk membuang sampah sembarangan, pembakaran hutan, penebangan hutan, polusi udara, dan sebagainya, telah menimbulkan masalah lingkungan yang serius dan mempercepat perubahan iklim global dan menyebabkan pemanasan global.

Pada dasarnya, melindungi lingkungan merupakan salah satu bentuk moralitas dan etika kita sebagai manusia. Melindungi lingkungan merupakan tindakan untuk mempertahankan keberlangsungan hidup dan kesejahteraan manusia, dimana manusia tidak hanya berarti diri kita sendiri, melainkan seluruh manusia di muka bumi ini dan juga manusia yang akan menjadi generasi selanjutnya. Oleh karena itu, melindungi lingkungan dapat dilihat sebagai bentuk tanggung jawab social dan moral terhadap lingkungan dan generasi yang akan datang.

Dengan kita menjaga dan melindungi lingkungan kita, berarti kita menjaga dan melindungi hidup kita sendiri. Berarti sama dengan kita menebarkan cinta ke segala aspek, yaitu cinta terhadap diri kita sendiri, cinta terhadap sesama manusia, cinta terhadap alam atau lingkungan, dan cinta terhadap Tuhan karena telah menjaga ciptaan-Nya dengan sebaik mungkin.

Kartono Apriliyandi