Ketahanan Nasional Indonesia di Era Globalisasi

Oleh: Jessica Hidayat | PPTI 13 | 2502042706

Ketahanan nasional sangatlah penting bagi setiap negara, begitupun dengan negara kita Indonesia. Ketahanan nasional adalah kemampuan suatu negara untuk beradaptasi terhadap perubahan atau ancaman baik dalam bidang politik, sosial, budaya, ekonomi. Selain itu, ketahanan nasional juga merupakan kemampuan negara dalam memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bagi rakyat negaranya. Ketahanan nasional suatu negara, termasuk Indonesia terkena dampak yang signifikan akibat era globalisasi ditandai dengan percepatan arus informasi, teknologi, perdagangan nasional, serta masih banyak lagi.

Dalam era globalisasi, Indonesia dihadapkan pada tantangan yang lebih kompleks dalam mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorialnya. Munculnya globalisasi berimbas pada timbulnya berbagai fenomena pada kehidupan manusia, seperti perkembangan telepon genggam, internet dan lain sebagainya. Arus informasi yang sangat cepat tentu memungkinkan setiap orang untuk memperoleh informasi dengan sangat mudah, bahkan informasi sensitif yang seharusnya tidak diungkapkan. Oleh karena itu, negara harus memiliki sistem keamanan yang kuat untuk melindungi informasi rahasia dan infrastruktur vital.

Perdagangan internasional juga dapat mempengaruhi ketahanan nasional Indonesia. Di satu sisi, hal ini membawa peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan ekonominya dengan memperluas pasar dan investasi asing. Namun di sisi lain, juga menjadi tantangan bagi Indonesia yaitu persaingan semakin ketat di pasar global, di mana Indonesia harus mampu bersaing dengan negara – negara lain dalam menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas dan kompetitif.

Selain itu, Indonesia juga harus mampu mengatasi masalah – masalah internal seperti ketimpangan ekonomi, korupsi, terorisme, dan separatisme yang dapat mengancam stabilitas politik dan keamanan nasional. Oleh karena itu, Indonesia harus memiliki kemampuan dan strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan tersebut dengan memperkuat pertahanan dan keamanan nasional, memperkuat hubungan diplomatik dengan negara lain, dan juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dengan memperkuat pendidikan nasional dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada generasi muda, serta memperkuat kerjasama antar komunitas di dalam negeri, diharapkan dapat memperkuat identitas nasional untuk menjaga keutuhan wilayah serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antara warga negara. Dengan strategi yang tepat, Indonesia diharapkan dapat memanfaatkan peluang yang ada dan meningkatkan ketahanan nasionalnya di era globalisasi.

Jessica Hidayat