Dari Indonesia, Untuk Dunia

Oleh: Michiko Amaya Yonatan | PPTI 13 | 2502040801

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat dunia seolah-olah menjadi tanpa batas. Dunia yang tanpa batas inilah yang memunculkan istilah ‘warga global’. Menurut Roland, warga global adalah mereka yang mengutamakan identitas ‘warga negara global’ di atas identitasnya sebagai warga negara. Berbeda dengan warga global, warga negara memiliki keterikatan hukum dengan suatu negara. Sebagai warga negara Indonesia, tidak hanya menunjukkan kepedulian kita kepada Indonesia, kita juga harus ikut ambil peran dan berpartisipasi dalam membangun dan memajukan dunia.

Salah satu masalah global yang menjadi concern di seluruh dunia adalah perubahan iklim yang drastis. Kebakaran dan penebangan hutan yang menyebabkan suhu bumi semakin naik karena kurangnya zona hijau, naiknya permukaan air laut karena es kutub yang semakin mencair, asap pabrik yang semakin tebal dan merusak ozon merupakan  beberapa contoh faktor penyebab perubahan iklim. Ketiga faktor ini tidak hanya mempengaruhi iklim di suatu negara, melainkan berdampak ke seluruh dunia. Sebagai warga global tentunya kita harus ikut berperan dalam mencegah hal ini, misalnya ikut kampanye tentang dampak perubahan iklim dan membantu untuk mempromosikannya, ikut organisasi global yang memiliki fokus untuk membantu mencegah perubahan iklim, dan masih banyak lagi. Hal kecil seperti memilih untuk menggunakan kendaraan umum, mengurangi penggunaan bahan bakar, mengurangi penggunaan barang yang mengandung CFC juga termasuk ke dalam tindakan yang mencegah perubahan iklim.

Contoh lain dari permasalahan global saat ini adalah kemiskinan dan kelaparan. Hampir 20.000 ribu orang mati karena kelaparan setiap harinya di dunia ini. Di Indonesia sendiri, kurang lebih 7% penduduk Indonesia masih mengalami kelaparan dan kemiskinan. Salah satu hal yang bisa lakukan untu mengurangi angka ini adalah dengan melakukan donasi. Dengan kemajuan zaman dan teknologi, banyak platform yang menyediakan sarana bagi semua orang untuk melakukan donasi. Alangkah baiknya lagi jika kita bisa terjun langsung untuk menanggulangi permasalahan ini, misalnya dengan menjadi sukarelawan di suatu tempat.

Hal-hal yang kita lakukan untuk dunia, tidak hanya membanggakan nama Indonesia, tetapi juga sebagai bentuk peran kita untuk membangun dunia menjadi tempat yang lebih baik lagi. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk dunia. Apalagi dengan majunya teknologi sekarang ini, kita bisa ikut membangun dunia dengan mudah. Ikut menyuarakan ketidaksetujuan akan suatu hukum yang merugikan warga negara tertentu di media sosial juga merupakan bukti kepedulian kita terhadap dunia. Hal kecil dan sederhana yang kita lakukan bisa menjadi bukti partisipasi kita dalam membangun dunia menjadi tempat yang lebih baik lagi untuk semua orang yang ada di dunia ini.

Sebagai warga negara Indonesia dan warga global, kita harus ikut ambil peran dalam membangun dunia ini menjadi lebih baik. Tindakan yang kita lakukan sebagai warga global bisa memberikan dampak kepada warga dari suatu negara. Sebagai warga global, kita mengedepankan rasa persatuan dan kemanusiaan. Semua orang adalah warga global. Semua orang bisa berpartisipasi dalam membangun dunia meskipun berasal dari budaya dan kewarnegaraan yang berbeda. Dengan begitu, kita bisa membangun dunia yang lebih aman, sejahtera, dan indah.

Michiko Amaya Yonatan