Dampak Integrasi Nasional dalam Kehidupan Sehari-hari

Oleh: Hansen | PPTI 12 | 2502042712

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya pandangan masing-masing masyarakat berbeda apabila dihubungkan dengan Integrasi Nasional, dimana dalam kehidupan sosial masyarakat, pelanggaran terhadap Integrasi Nasional biasanya disebabkan oleh faktor ketidakadilan, latar belakang, kemiskinan, dan lain-lain. karena itu kesejahteraan dan keselarasan dalam kehidupan masyarakat perlu dipertimbangkan. Dalam meningkatkan kesejahteraan dan keselarasan tersebut, Integrasi Nasional merupakan salah satu yang perlu diperhatikan. Sebelumnya, Integrasi Nasional terdiri dari kata yaitu Integrasi dan Nasional, dimana Integrasi dapat dikatakan sebagai pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat.

Sementara Nasional bersifat kebangsaan atau berasal dari bangsa sendiri. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan, serta keseimbangan dalam mencapai tujuan bersama sebagai suatu bangsa. Sedangkan Keserasian, menggambarkan keberagaman etnis budaya, adat istiadat, bahasa dan agama yang membentuk negara indonesia. Keserasian juga dapat menggambarkan adanya perlakuan yang sama dari unsur-unsur yang ada dalam kehidupan bersama sesuai kodrat, hakikat dan martabat, hak dan kewajiban, tugas dan wewenangnya sehingga tercipta keadilan.

Dalam melihat dampak Integrasi bagi kehidupan sehari-hari, tentunya lebih baik apabila kita mengetahui dahulu contoh-contoh upaya yang dapat masyarakat lakukan dalam mempertahankan Integrasi Nasional, upaya yang akan dicontohkan tentunya akan bersifat kebiasaan yang sesuai dengan norma dan aturan sosial, seperti : Menumbuhkan sifat tenggang rasa, tidak bersifat rasis, bersifat aktif dalam kegiatan masyarakat, adil kepada sesama, dan juga menjalankan kewajibannya masing-masing. Kebiasaan-kebiasaan diatas ini sebaiknya diterapkan dalam kehidupa bermasyarakat dalam guna menghindari sifat-sifat yang dapat mengancam Integrasi Nasional, seperti : sifat individualisme, sifat hedonisme, dan lunturnya nilai kebudayaan dan keagamaan dalam masyarakat.

Integrasi Nasional dapat terwujud apabila masyarakat mendapatkan hak dan keadilan yang sama, serta memiliki sifat terbuka agar dapat saling menghormati dan mengerti. Sehingga dapat diketahui pula bahwa dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, Integrasi Nasional sangat berdampak dalam :

  1. Melancarkan aktivitas bermasyarakat dengan adanya saling hormat dan kerja sama.
  2. Meningkatkan kesejahteraan, keselarasan, dan keserasian rakyat karena adanya rasa aman dari persatuan.
  3. Mencegah terjadinya perpecahan antar kelompok yang berbeda.

Dengan mengetahui dampak dari Integrasi Nasional dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, tentunya dapat kita simpulkan bahwa Integrasi Nasional merupakan pendekatan yang sangat penting demi membangun Negara yang satu, aman, dan kokoh. Negara yang satu dan kuat tentunya dapat maju dengan konflik yang minimal dari masyarakatnya

Hansen