Bangga Mempunyai Indentitas Nasional Sebagai Bangsa Indonesia

Oleh: Andryan | PPTI 13

Identitas merupakan hal yang menjadi ciri, watak, atau karakter  yang unik dan melekat pada seseorang atau sekelompok orang yang membedakan orang atau kelompok tersebut dari orang atau kelompok yang lainnya. Identitas itu di construct ke dalam diri seseorang semenjak mereka lahir oleh karena itu kita yang lahir, tumbuh dan berkembang di Indonesia tentu saja memiliki identitas nasional sebagai bangsa Indonesia. Pada era Modern ini, arus global sudah sangat mudah untuk masuk kedalam budaya kita , baik itu lewat sosial media, internet ataupun lingkungan pergaulan kita, dan dengan alasan tersebut, seringkali kita melupakan apa yang menjadi nilai-nilai budaya di Indonesia yang sebenarnya sudah dari kecil di tanamkan dalam diri kita.

Sebagai warga Indonesia yang mempunyai identitas nasional, terkadang kalimat tersebut hanya ter ucap di mulut kita saja, tapi kita tidak memaknainya dengan sungguh-sungguh, contohnya saja pada lingkungan kuliah penulis, tidak jarang kita melihat bahwa orang orang lebih memilih untuk menirukan gaya gaya barat karena dianggap lebih fashionable dan lebih keren, selain itu, orang orang lebih mengetahui sejarah tentang berdirinya sebuah grup band dibandingkan mengetahui sejarah berdirinya bangsa Indonesia, padahal kita sebagai bangsa Indonesia yang mengaku mempunyai dan bangga atas identitas nasional yang kita miliki, kita harusnya lebih memfilterisasi lagi budaya budaya yang masuk kedalam lingkungan kita agar sesuai dengan nilai nilai dasar kita yaitu pancasila, karena dengan begitu kita sudah menunjukkan bahwa kita banga memiliki identitas nasional bangsa Indonesia.

Keberagaman di Indonesia juga merupakan salah satu identitas nasional bangsa Indonesia, ribuan suku dan bahasa yang dimiliki Indonesia membuat kita sadar bahwa kesadaran akan keberagaman merupakan hal yang penting. Untuk merasa bangga atas identitas nasional, kita harus memahami dan menghargai keberagaman tersebut. Kita bisa meningkatkan kesadaran akan keberagaman dengan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, serta mempelajari dan memahami keberagaman tersebut. Tidak berhenti disitu, sebagai warga Indonesia yang bangga memiliki ribuan suku , bahasa dan budaya, seharusnya kita sebagai kaum muda juga mempromosikan Indonesia ke manca negara contohnya saja kita bisa merasa bangga atas budaya Indonesia dengan menjaga, melestarikan, dan mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia. Misalnya dengan mengenakan pakaian adat pada acara tertentu, mengikuti kegiatan yang memperkenalkan budaya daerah, atau memasak makanan khas Indonesia.

Menyukai budaya negara lain memang merupakan hal yang wajar , tetapi jangan pernah lupa darimana kita berasal, bagaimana kita pernah bersatu dari keberagaman, apa nilai dasar kita, dan juga apa lambang negara kita, karena menjadi bangsa Indonesia bukan berarti kita hanya hidup dan tinggal di Indonesia, tetapi dengan menjadi bangsa Indonesia , kita juga mengemban identitas mulia yang dimiliki bangsa ini yaitu identitas nasional bangsa Indonesia, dan dengan memaknai hal tersebut seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, kita berarti menunjukkan bahwa kita bangga memiliki identitas nasional yaitu identitas bangsa Indonesia.

Andryan