Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Indonesia

Oleh: Kezia Oktavioni Asmaradita | PPTI 11 |  2502040322

Sebagai sebuah bangsa, Indonesia memiliki identitas nasional. Identitas nasional terdiri dari dua kata yaitu identitas yang merupakan ciri, watak, maupun karakter yang ada pada seseorang atau sekelompok orang dan dapat membedakan orang atau kelompok tersebut dengan kelompok lain. Dan kata nasional yang merujuk pada identitas yang melekat pada kelompok yang lebih besar dan dipersatukan oleh kesamaan seperti budaya, agama, bahasa, serta cita-cita dan tujuan yang sama. Jadi identitas nasional dapat diartikan sebagai ciri maupun jati diri yang melekat pada suatu bangsa dan membedakan bangsa tersebut dengan bangsa-bangsa yang lain. Sebagai sebuah bangsa yang berdaulat, Indonesia pastinya memiliki identitas nasional yang membedakan Indonesia dengan negara-negara lain.

Ada semboyan yang mengatakan “bahasa menunjukkan bangsa”. Semboyan tersebut menunjukkan bahwa Bahasa dapat menjadi salah satu simbol jati diri suatu bangsa. Bahasa Indonesia merupakan identitas nasional bangsa Indonesia karena dapat membedakan negara Indonesia dengan negara lain. Indonesia meruapakn salah satu negara yang memiliki banyak keberagaman. Keberagaman bahasa merupakan dampak dari beragamnya suku, ras, etnis, golongan dapat dipersatukan dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sudah dinyatakan sebagai identitas nasional melalui Kongres Pemuda yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Melalui Sumpah Pemuda, Bahasa Indonesia disepakati sebagai Bahasa persatuan dan dijunjung tinggi oleh seluruh warga Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan oleh semua orang Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi satu-satunya bahasa resmi yang digunakan oleh pemerintah Indonesia. Dengan menggunakan bahasa Indonesia maka semua orang dapat saling berkomunikasi dengan mudah. Bahasa Indonesia juga menjadi alat untuk menyatukan semua etnis, suku, dan budaya di Indonesia.

Bahasa Indonesia juga menjadi identitas nasional Indonesia karena digunakan dalam banyak kegiatan formal seperti pertemuan resmi, pidato, seminar, dan lain-lain. Bahasa Indonesia juga digunakan dalam pengajaran di sekolah, universitas, dan kursus-kursus lainnya. Bahasa Indonesia juga telah menjadi bahasa resmi untuk semua dokumen pemerintah.

Selain itu, bahasa Indonesia juga menjadi identitas nasional Indonesia karena digunakan dalam media massa. Media massa seperti radio, televisi, dan surat kabar menggunakan bahasa Indonesia dalam berita dan acara mereka. Bahkan, bahasa Indonesia juga digunakan dalam film-film lokal Indonesia.

Bahasa Indonesia juga menjadi identitas nasional Indonesia karena digunakan di seluruh dunia. Di luar Indonesia, bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa internasional. Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa yang populer di Asia, Amerika, dan Eropa. Sekolah dan universitas di luar negeri juga telah menawarkan kursus bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia juga telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Banyak lagu dan tarian khas Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia dalam lirik dan gerakannya. Bahasa Indonesia juga telah menjadi bahasa yang digunakan dalam pembuatan produk kreatif seperti buku, komik, novel, dan lain-lain.

Bahasa Indonesia telah menjadi identitas nasional Indonesia selama bertahun-tahun. Dengan bahasa Indonesia, semua orang dapat saling berkomunikasi dan menyatukan semua etnis, suku, dan budaya di Indonesia. Bahasa Indonesia juga digunakan dalam banyak kegiatan sehari-hari dan telah menjadi bahasa internasional. Bahasa Indonesia telah menjadi bagian dari budaya Indonesia dan menjadi bagian penting dari identitas nasional Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus dapat melestarikan dan terus menggunakan Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional Indonesia. Kita dapat memulainya dengan hal-hal sederhana seperti membiasakan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mari kita lestarikan Bahasa Indonesia, jangan sampai kita kehilangan identitas nasional sebagai Bangsa Indonesia.

Kezia Oktavioni Asmaradita