Ancaman Kemajuan IPTEK Pada Identitas Nasional

Oleh: Fanny Angelia Valentina | PPTI 12 | 2502041161

“ It has become appallingly obvious that our technology has exceeded our humanity.” Albert Einstein

Perkembangan zaman membawa banyak pengaruh dalam hidup manusia, tak terlepas dari kemajuan IPTEK yang semakin mempermudah pekerjaan manusia hingga dalam bidang medis yang dapat menyelamatkan manusia. Banyak sekali pengaruh yang dirasakan sejak adanya kemajuan ini hingga sepertinya jika IPTEK ini tiba-tiba hilang. Seolah dunia akan hancur. Orang dewasa hingga anak kecil. Berbagai kalangan ekonomi dan sosial. Tidak ada seorang manusia pun yang terlepas dari kemajuan IPTEK saat ini.

IPTEK dapat menjadi jendela informasi, alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia, hiburan, dan masih banyak lagi. Hingga IPTEK pun berkembang semakin pesat mengikuti arus perkembangan zaman yang tidak pernah berhenti melainkan bergerak semakin cepat. Dengan kemajuan yang tak terbendung ini, IPTEK menjadi sebuah senjata yang dapat menyerang manusia kapan saja dengan banyak pengaruh negatif yang tidak akan dapat diprediksi.

Banjir informasi salah satunya. Kemudahan penyebaran informasi melalui berbagai media yang dapat menyebarkan informasi yang benar bahkan informasi yang salah secara luas dan luar biasa cepat. Menjadi sebuah masalah besar yang dihadapi pada masa modern ini. IPTEK membantu manusia untuk mengetahui informasi dari suatu tempat yang jauh secara cepat sehingga manusia tidak akan tertinggal dengan informasi walaupun informasi itu berasal dari tempat yang jauh. Contohnya sebuah keluarga yang kini tidak perlu lagi menunggu berhari-hari untuk mendapatkan kabar dari anaknya yang berada di luar negeri melalui kemajuan IPTEK, keluarga tersebut dapat langsung mengetahui kabar anaknya yang berada jauh dari mereka. Namun, hal ini menjadi boomerang bagi manusia. Sebab, mudahnya penyebaran informasi ini membuat informasi yang tersebar sangat banyak dan tidak disaring oleh para pembaca maupun orang-orang yang menyebarkan informasi, kemudian para pembaca akan asal menyebarkan kembali informasi yang belum tentu kebenarannya sehingga banyak orang yang percaya dengan informasi yang belum terbukti kebenarannya itu dan akhirnya mengambil tindakan sendiri, memberi opini, merasa ketakutan, hingga melakukan tindakan-tindakan kriminal.

Identitas nasional kita yang seharusnya menjadi jati diri kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia akan pudar. Kita tidak lagi peduli dengan kenyataan yang ada, kita tidak lagi merasa bahwa sebuah informasi itu seharusnya diperiksa kebenarannya terlebih dahulu sebelum disebarkan, namun kita akan langsung membagikan berita atau informasi itu sebelum memeriksa kebenarannya bahkan mungkin kita tidak akan memeriksa kebenarannya karena kita merasa hal tersebut tidaklah penting. Kemudian Indonesia yang sudah dibangun susah payah, dengan perjuangan masa muda dan tumpah darah para pahlawan terdahulu akan kacau balau. Menjadi Indonesia yang mudah termakan hoax, menjadi Indonesia yang mudah terhasut dengan adanya Informasi baru. Kemudian Indonesia perlahan-lahan akan jauh dari cita-cita nasionalnya dan perlahan menjadi negara yang akan kembali dijajah atau bahkan hancur.

Maka, dengan lajunya perkembangan IPTEK ini, kita sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa Indonesia harus dapat menjadi bijak dan patuh untuk menyaring segala informasi yang akan keluar dari diri kita atau bahkan masuk ke diri kita sendiri. Perkembangan ini harus membawa banyak pengaruh baik bagi bangsa Indonesia. Bukan sebaliknya dengan menjadi batu sandung yang akan menghancurkan Indonesia hanya karena banjir informasi yang menyebabkan masyarakat Indonesia mudah terhasut oleh informasi-informasi tidak berdasar tersebut.

Kemajuan IPTEK adalah batu loncatan sebuah bangsa untuk maju, bukan batu sandung yang membuat sebuah bangsa tertinggal bahkan hancur.

 

Fanny Angelia Valentina