Akankah Teknologi Menggantikan Pekerjaan Manusia ?

Oleh: Heru Widoyo

Berbicara mengenai Revolusi Industri tentu kita akan mengingat Kembali akan perkembangan nya yang mengubah cara manusia untuk hidup pada masa dan eranya, di Revolusi industri pertama menjauhkan kita dari penggunaan tenaga hewan dengan di temukan nya mesin uap, revolusi industri kedua menciptakan peningkatan dramatis dalam penggunaan listrik dan produksi massal. Di era revolusi ketiga Komputer menunjukkan peningkatan efisiensi dan pencampuran informasi yang lebih cepat. Dan yang saat ini kita alami yaitu Revolusi industri keempat melibatkan kecerdasan buatan (AI) dan robotika yang diperkirakan akan membawa perubahan di seluruh produksi, manajemen, dan sistem operasi sebab segala kehidupan kita sudah saling terhubung secara digital.

Namun di era revolusi industry 4.0 yang kita alami saat ini apakah semua yang terjadi berubah ke arah positive saja?, ataukah mungkin ada efek samping yang ikut turut menyertainya ?, mengingat saat revolusi industri pertama dengan adanya mesin uap sehingga proses produksi tidaklah lagi membutuhkan banyak buruh sehingga mereka kehilangan pekarjaan. Tentu hal itu berlaku sama di era revolusi industry 4.0. sebab dengan terhubungnya segala kegiatan kita secara digital tentu akan menggeser beberapa pekerjaan yang bisa digantikan oleh teknologi. Sepert tukang tiket yang menjual tiket secara offline kini hilang sebab kita bisa memesan melalui aplikasi langsung di ponsel pintar kita.

Namun bergesernya beberapa pekerjaan juga di ikuti dengan adanya lapangan kerja baru. Menurut Dosen CEP-CCIT FTUI, Fachran Nazarullah, esensi dari revolusi 4.0 adalah menyatukan 3 aspek utama, yaitu aset fisik, digital, dan biologi dalam satu kesatuan atau ekosistem. Di mana hampir semua hal akan disangga 3 ekosistem utama, yaitu big data, cloud computing, dan internet of things (IoT). Menurut World Economic Forum, akan ada beberapa skill yang wajib dimiliki di era 4.0, terutama tahun 2020.Kemampuan tersebut di antaranya pemecahan masalah kompleks, berpikir kritis, kreativitas, kemampuan mengatur orang lain, kemampuan kerja sama dengan orang lain, kecerdasan emosional Hingga kemampuan mengambil keputusan.

Seiring berkembangnya jaman pasti diikuti dengan perkembangan teknologi. Fakta ini tentunya meyakinkan kita kalau semakin berkembangnya jaman, teknologi akan ikut terus berkembang. Dalam perkembangan teknologi ini pasti ada dampak baik dan buruknya. Dampak baiknya yaitu mempermudah kehidupan manusia tetapi karena mempermudah pekerjaan manusia juga. Manusia akan digantikan oleh teknologi, satu per satu jenis pekerjaan untuk manusia digantikan teknologi. Tetapi tidak perlu takut karena setiap hilangnya jenis pekerjaan akan terbuka jenis pekerjaan baru. Manusia jadinya secara tidak langsung meningkatkan kualitas manusia.

Heru Widoyo