Makna Sumpah Pemuda Bagi Generasi Milenial

 

 

Oleh: Jessica Hidayat | PPTI 13 | 2502042706

Tanggal 28 Oktober selalu kita peringati sebagai hari sumpah pemuda setiap tahunnya. Namun mungkin sebenarnya masyarakat Indonesia itu sendiri tidak tau apa sebenarnya makna hari penting tersebut. Bahkan mungkin ada yang mengira itu hanya sekedar hari biasa dimana para pemuda Indonesia dulu mengucapkan sumpahnya. Akan tetapi, sebenarnya Sumpah Pemuda itu apa sih ?

Sumpah Pemuda memiliki makna yang sakral bagi bangsa Indonesia. Kelahiran Sumpah Pemuda menjadi titik awal perjuangan para pemuda di Indonesia. Pemuda – pemuda Indonesia berharap Sumpah Pemuda yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa tersebut akan menjadi tonggak pemersatu bangsa yang membuat bangsa ini bersatu dan berdiri lebih kokoh. Sumpah Pemuda juga mengandung semangat nasionalisme masyarakat Indonesia dulu untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Pada bulir pertama Sumpah Pemuda menegaskan bahwa seluruh masyarakat Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Bulir ini sendiri bagi saya memiliki maksud bahwa Indonesia bukanlah sekedar suatu negara tetapi merupakan rumah dan kehidupan kita. Apabila kita memiliki rumah tentu akan kita jaga dengan sebaik – baiknya dengan cara merawatnya dan menjaganya agar pencuri tidak masuk. Sama halnya seperti rumah tersebut, Indonesia juga merupakan rumah yang harus selalu dijaga oleh seluruh masyarakat Indonesia sampai titik darah penghabisan. Masyarakat Indonesia harus menjaga Indonesia agar tercipta kehidupan yang aman dan tentram dan pihak – pihak yang ingin memecah negeri ini tidak akan berhasil mewujudkan keinginannya.

Bulir kedua menegaskan bahwa seluruh masyarakat Indonesia memiliki satu bangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Bulir kedua ini hadir karena kesadaran pemuda Indonesia akan kondisi bangsa kita yang memiliki beragam suku yang berbeda – beda dengan ciri khasnya masing – masing. Perbedaan ini tentu saja membuat perselisihan tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, bulir kedua ini bermaksud untuk menegaskan bahwa kita semua sesungguhnya tidaklah berbeda melainkan merupakan satu bangsa dan satu saudara. Persatuan dan toleransi hendaklah selalu ditanamkan dalam diri setiap individu dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Berikutnya pada bulir ketiga menegaskan bahwa bangsa Indonesia mengakui satu bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Indonesia memiliki beragam suku. Suku tersebut juga memiliki bahasanya masing – masing. Namun Bahasa Indonesia tetaplah merupakan bahasa persatuan, bahasa yang diakui dan menyatukan seluruh suku yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan identitas nasional yang haruslah dijunjung tinggi dalam menjalankan negeri ini.

Oleh karena itu, saya pribadi menganggap Sumpah Pemuda merupakan salah satu hal penting yang mengantarkan Indonesia menjadi seperti sekarang. Sebab sumpah pemuda lahir dan berlandaskan karakteristik serta kondisi Bangsa Indonesia, dan merupakan cerminan tekad para pemuda. Dengan mengingat momen bersejarah ini, semangat pemuda Indonesia diharapkan akan terus berkobar untuk memajukan bangsa Indonesia ini. Hendaknya kita kerap mencintai tanah air, bangsa, dan juga bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Jessica Hidayat