Sumpah Pemuda Sebagai Semangat Pemuda

Oleh: Kartono Apriliyandi

“Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia” (Ir. Soekarno)

Pemuda merupakan aset penting yang tak ternilai harganya yang dimiliki oleh bangsa. Suatu bangsa dan negara dapat maju bergantung pada para pemuda-pemudi. Baik buruknya suatu negara dapat dilihat dari kualitas pemudanya, karena penerus dan pewaris negara adalah pemuda itu sendiri. Maka dari itu, peran aktif pemuda sangat diperlukan oleh bangsa ini untuk bersama-sama memajukan bangsa Indonesia.

28 Oktober 1928 merupakan hari dimana Sumpah Pemuda diterbitkan usai Kongres Pemuda II. Hari lahirnya suatu jiwa semangat pemuda yang baru dan berkobar untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu satu tanah air, tanah air Indonesia, satu bangsa, bangsa Indonesia, dan satu bahasa, bahasa Indonesia. Sumpah Pemuda ini sebagai semboyan dan ikrar bagi pemuda-pemudi yang dapat diartikan “Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa”.

Sumpah Pemuda ini tidak hanya sebagai pajangan semata, melainkan harus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Jiwa semangat pemuda harus selalu diimplementasikan, baik dalam keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan bernegara. Mulai dari menghormati pendapat orang lain, menghargai perbedaan, dan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras, dan budaya antar satu sama lain untuk menciptakan persatuan dan kesatuan.

Kita sebagai pemuda juga turut andil dalam melestarikan dan menerapkan Sumpah Pemuda, sehingga Sumpah Pemuda akan terus-menerus menurunkan semangat pemuda ke generasi-generasi selanjutnya. Dengan demikian, setiap pemuda memiliki rasa tanggung jawab dan hormat kepada para pahlawan yang sudah membangun semangat persatuan dan kesatuan Indonesia.

Semangat juang yang dituangkan dalam Sumpah Pemuda haruslah jadi pedoman bagi generasi-generasi muda bangsa untuk mengisi kemerdekaan yang telah diraih oleh para pejuang. Semangat yang terus berkobar walaupun banyak rintangan dan cobaan yang menerpa seperti yang juga dilakukan oleh para pahlawan kita dalam meraih kemerdekaan bangsa ini.

Para pemuda dalam meneruskan semangat Sumpah Pemuda pasti memiliki rasa bangga atas menjadi bangsa Indonesia yang terdiri dari tanah yang luas dan samudera yang membentang, serta memiliki kekayaan sumber daya alam yang tak terhitung jumlahnya. Kekayaan inilah yang juga seharusnya dijadikan oleh para pemuda untuk melestarikan dan banggsa menjadi bangsa Indonesia.

Kartono Apriliyandi