Semangat Sumpah Pemuda Sebagai Bangsa Yang Satu

Oleh: Abdi Nurhuda | PPTI 12 | 2502040436

Sumpah Pemuda merupakan salah satu hari yang selalu kita rayakan di setiap tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda adalah satu peristiwa penting sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda seluruh bagian dari Indonesia mengkristalisasikan semangat mereka untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Isi dari sumpah pemuda adalah sebagai berikut:

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Melalui Sumpah Pemuda, perjuangan rakyat tak lagi bersifat kedaerahan, tetapi sudah menjadi sebuah kesatuan kuat. Semangat dari peristiwa Sumpah Pemuda itu sendiri harus terus diterapkan dalam masa modern saat ini. Walaupun Indonesia sudah merdeka tetapi perjuangan Indonesia menjadi sebuah bangsa yang makmur masih sangatlah panjang. Sebagai warga Indonesia kita perlu menyadari bahwa kita adalah satu kesatuan sebagai Indonesia, bukan terbagi dalam wilayah masing-masing. Sebagai warga negara Indonesia, kita berjuang untuk seluruh warga negara Indonesia, bukan hanya untuk ras atau golongan tertentu. Indonesia yang memiliki ribuan suku dan budaya disatukan dalam satu nama yaitu Indonesia dan diikat dalam satu bahasa yaitu bahasa Indonesia. Kesadaran untuk melihat masalah yang dialami oleh Indonesia dan memiliki rasa peduli untuk membantu membangun Indonesia masih sangatlah minim. Disaat pemuda-pemuda pejuang bangsa bersama-sama Bersatu demi kemerdekaan Indonesia, kita masih terpecah belah oleh kepentingan masing-masing. Oleh karena itu, semangat Sumpah Pemuda perlu di bakar kembali di era modern saat ini.

Dalam peristiwa Sumpah Pemuda pula kita dapat melihat pemuda-pemuda menyisihkan berbagai perbedaan diantara mereka, baik suku, agama, budaya, ataupun bahasa yang mereka gunakan untuk bersumpah menjadi Indonesia yang satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Di masa modern saat ini, kita berperang bukan dengan penjajah melainkan dengan bangsa sendiri. Semangat Sumpah Pemuda perlu selalu diingat ketika Indonesia dihadapkan dengan berbagai tantangan dan permasalahan baru di era modern ini, dimana kita perlu menjaga semangat Sumpah Pemuda sebagai semangat perjuangan yang pernah diikrakan oleh pemuda-pemuda Indonesia dulu, dan bersatu sebagai sebuah  bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Abdi Nurhuda