Semangat Pemuda dalam Sumpah Pemuda

Oleh: Joyceline Graciella Siento | 2502041496 | PPTI 13 |

Tanggal 28 Oktober adalah hari yang spesial dan bermakna bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar yang menjadi penyemangat bagi bangsa Indonesia terutama untuk pemuda-pemudi Indonesia dalam memperjuangkan cita-cita bangsa Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda :

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda tersebut dihasilkan dari keputusan Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928 di Batavia. Kongres Pemuda II diikuti oleh organisasi-organisasi pemuda dari seluruh wilayah Indonesia yang dicetuskan oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Hal ini berarti pemuda-pemudi Indonesia mempunyai semangat yang tinggi dalam mewujudkan cita-cita Indonesia dimana mereka harus mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan kelompok ataupun diri sendiri.

Hal yang terlihat jelas dari isi Sumpah Pemuda adalah pemuda-pemudi Indonesia menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Indonesia adalah negara yang beragam yang mempunyai bermacam-macam suku, agama, ras, adat istiadat, dan lain-lain. Oleh sebab itu, maka diperlukannya kesadaran dari dalam diri pemuda-pemudi Indonesia akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Sikap cinta tanah air juga sangatlah penting tertanam di dalam benak pemuda-pemudi Indonesia. Mereka harus tahu bahwa tanah air Indonesia adalah milik semua warga Indonesia. Hal ini dapat diterapkan dengan menjadi warga negara Indonesia yang berbudi pekerti nan luhur.

Menghargai perbedaan yang ada juga sangatlah penting diterapkan bagi warga negara Indonesia, khususnya pemuda-pemudi Indonesia. Jika warga negara Indonesia tidak saling menghargai satu sama lain, maka akan mudah terjadinya konflik yang timbul pada masyarakat.

Namun, seiring bertambahnya zaman, semangat masyarakat Indonesia khususnya pemuda-pemudi Indonesia semakin kendor. Mereka kurang memaknai akan pentingnya bangsa Indonesia di dalam kehidupan mereka. Hal ini dapat terlihat dari pemuda-pemudi Indonesia yang banyak menggunakan produk luar negeri, bukan lagi produk lokal. Selain itu, sebagian masyarakat tidak menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar kehidupan mereka sehari-hari. Lagu yang mereka dengarkan juga sebagian besar adalah lagu dari luar.

Di sini, kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia, kita harus saling mengingatkan satu sama lain untuk dapat mengutamakan kepentingan bangsa, mempunyai kesadaran akan persatuan dan kesatuan bangsa, menanamkan rasa cinta tanah air, saling menghargai, dan lain-lain.

Banyak sekali hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal-hal tersebut, antara lain melakukan upacara dengan khidmat, bangga menjadi warga negara Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia, mencintai produk-produk lokal, melestarikan budaya, saling menghargai dalam perbedaan, dan lain-lain.

Yuk kita sama-sama belajar untuk membangun semangat kita dalam menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Sumpah Pemuda.

Joyceline Graciella Sien