Refleksi Sumpah Pemuda Untuk Para Pemuda Generasi Penerus Bangsa

Oleh: Tesalonika Abigail Eikwine Mangkang | 2502041546 | PPTI 13

 Kenangan bersejarah penting bagi Bangsa Indonesia pada 28 Oktober 1928 tidak akan pernah hilang dari  dari memori Bangsa Indonesia Khususnya bagi para Pemuda karena pada peristiwa ini menjadi hari dimana para Pemuda Indonesia berhimpun untuk merumuskan tiga ikrar Persatuan yang dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita negara Indonesia dan  menjadi tonggak utama dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Peristiwa tersebut dinamakan peristiwa Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda Berisi tiga ikrar persatuan yaitu mengaku bertumpah darah satu, mengaku berbangsa yang satu, dan menjunjung tinggi Bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Nilai-nilai sumpah pemuda tersebut tidak sekedar tentang Persatuan saja namun juga tentang semangat kita dalam membawa perubahan kepada Negeri kita Seperti sebuah kalimat legenda yang di katakana oleh Pahlawan kita yaitu Bung Karno “ Beri aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” kalimat ini juga merupakan penegasan bahwa kita sebagai Generasi Penerus Bangsa, harus membawa perubahan. Pada kalimat tersebut juga berarti bahwa kualitas lebih penting dari kuantitas dimana keberhasilan suatu bangsa bergantung pada kualitas dan visi yang besar dari para Pemuda sebagai pemegang estafet generasi yang akan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang.

Refleksi untuk kita para pemuda Sebagai Generasi Penerus bangsa harus tetap semangat dalam membawa dampak perubahan negeri kita Indonesia. Kita sebagai para pemuda harus sadar atas tanggungjawab estafet yang akan kita pegang sebagai pemimpin dimasa yang akan mendatang. Perjuangan para Pahlawan yang telah berkorban untuk kemerdekaan yang dapat kita nikmati sekarang ini sangat cukup untuk menjadi motivasi kita dalam memiliki semangat yang berkobar untuk membanggakan bangsa dan negara. Bersatulah wahai pemuda, kemajuan bangsa Indonesia ada dalam genggamanmu. Kobarkan semangat juang para pemuda untuk persatuan Indonesia. Marilah kita sebagai generas penerus bangsa berjanji untuk menciptakanlah Indonesia yang lebih hebat, sejahtera aman, damai dan tentram.

Tesalonika Abigail Eikwine Mangkang