Refleksi Sumpah Pemuda: Pemuda Sebagai Tonggak Emas Perubahan

Oleh : Amanda Ardianti | PPTI 12 |

Kata “Pemuda” dalam Sumpah Pemuda membuktikan bahwa pada dasarnya peran pemuda sangat besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Pada Sumpah Pemuda inilah, yang menjadi titik balik perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Berpuluh-puluh tahun bangsa Indonesia berusaha melepaskan diri dari tangan penjajah, namun selalu kandas karena belum adanya pemahaman tentang pentingnya persatuan.

Momentum Sumpah Pemuda yang diselenggarakan pada 28 Oktober 1928 ini yang menyadarkan bangsa Indonesia betapa pentingnya persatuan untuk keberhasilan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Para pemuda yang mendobrak perubahan pada Bangsa Indonesia yang awalnya berjuang masing-masing menjadi berjuang bersama dalam kesatuan dengan tujuan yang satu yaitu kemerdekaan bangsa. Pada kongres Pemuda ini ditegaskan kesadaran dan pengakuan bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan menjungjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Bung Karno pernah berkata “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Artinya pemuda adalah tonggak dari perubahan dan transformasi. Pemuda yang memiliki visi besar mampu mengubahkan bangsa Indonesia, bahkan dunia. Potensi inilah yang menjadikan pemuda Indonesia sebagai agen perubahan bangsa. Perubahan pada bangsa ini terdapat di tangan para pemudanya. Hal ini membuktikan benar masa depan bangsa berada di tangan generasi mudanya.

Sebagai pemuda Indonesia yang merupakan agen perubahan, kontribusi yang dapat dilakukan saat ini diantaranya adalah meningkatkan literasi, bijak dalam menerima berbagai pemikiran serta pengalaman baru, berkontribusi memajukan Indonesia dengan menjadi relawan, mendukung produk lokal Indonesia, menjadi pengguna internet dan media sosial yang baik serta bijaksana, membekali diri dengan baik, serta mengajak pemuda lain untuk menjadi agen perubahan yang baik juga.

Karena kesuksesan bangsa Indonesia kedepannya berada di tangan kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia, maka kita perlu mengetahui dengan baik apa peran dan fungsi kita bagi bangsa ini serta berkontribusi pada hal-hal yang mampu kita lakukan. Sudah waktunya pergerakan para pemuda bangsa Indonesia kembali bangkit. Berjuanglah bagi bangsa Indonesia sebagaimana peran kita para pemuda sebagai tonggak emas perubahan.

Amanda Ardianti