Refleksi Peristiwa Sumpah Pemuda

Oleh: Michelle Angela | PPTI 12 | 2502041275

Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan suatu peristiwa bersejarah yang selalu dikenang sampai saat ini. Diperingati setiap tanggal 28 Oktober, rakyat Indonesia memperingati peristiwa Sumpah Pemuda dengan mengucapkan kembali isi dari Sumpah Pemuda, yaitu

“Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Peristiwa Sumpah Pemuda dijadikan bukti dari semangat pemuda pada tahun 1928. Namun, semangat pemuda terhadap bangsa pada masa kini dapat dikatakan tidak seperti pada jaman Sumpah Pemuda. Pada masa kini, pengabdian pemuda terhadap bangsa kurang terlihat. Kebiasaan pemuda yang lebih mengedepankan gaya hidup atau budaya dari luar memperlihatkan rendahnya semangat pemuda terhadap persatuan Indonesia. Padahal pemudalah yang menjadi harapan bangsa dalam membawa perubahan dan menjadi tonggak persatuan bangsa Indonesia. Kalau bukan pemuda, siapa lagi?

Lebih sering mengenang peristiwa-peristiwa sejarah dapat menjadi cara dalam membangkitkan kembali semangat pemuda jaman sekarang. Memaknai peristiwa-peristiwa sejarah dan mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari merupakan contoh semangat pemuda yang patut dicontoh. Dari peristiwa Sumpah Pemuda, ada banyak nilai-nilai yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya pemuda melainkan seluruh bangsa Indonesia harus menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai tersebut antara lain nasionalisme, cinta tanah air, persatuan, kebersamaan, dan persaudaraan.

Dari nilai-nilai di atas ada banyak sekali tindakan-tindakan yang dapat dilakukan oleh pemuda dan bahkan dijadikan kebiasan supaya dapat menjadi cerminan dari semangat persatuan pemuda di Indonesia. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan yakni:

  • Bangga memiliki kewarganegaraan Indonesia
  • Bangga dalam berbahasa Indonesia
  • Bangga menggunakan produk lokal/dalam negri
  • Menghormati satu sama lain tanpa memandang bulu
  • Mengikuti upcara bendera dengan sungguh-sungguh dan memaknainya dalam hidup
  • Dsb.

Membangkitkan kembali semangat pemuda di Indonesia tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena pemuda Indonesialah yang akan memegang kendali Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, mari kita sebagai pemuda Indonesia bersama-sama lebih peduli dengan bangsa kita, bangsa Indonesia.

Michelle Angela