Pengamalan Sumpah Pemuda Pada Masa Sekarang

Oleh: Brychan Artanto | PPTI 12 | 2502041110

“Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.”

Sejak masih dalam tahap perjuangan kemerdekaan, pemuda sudah memiliki peranan yang sangat penting dalam proses memajukan suatu bangsa. Pemuda adalah suatu aset yang sangat tidak ternilai harganya bagi suatu bangsa karena merupakan tonggak bagi kemajuan dan pembangunan suatu bangsa. Apabila pemuda itu tidak dapat memberikan perubahan yang berarti bagi bangsanya, maka sia-sia baginya menempuh Pendidikan.

Salah satu peranan penting yang pernah dilakukan oleh pemuda dalam sejarah Panjang bangsa Indonesia adalah Deklarasi Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Kala itu, pemuda/pemudi Indonesia mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, harta, serta seluruh jiwa mereka untuk menyatukan bangsa Indonesia sebab Sumpah Pemuda yang diciptakan ini memiliki makna dan tujuan untuk menyatukan seluruh pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki satu tujuan, yaitu untuk memerdekakan dan memajukan Indonesia.

Pengamalan Sumpah Pemuda Pada Kehidupan Sehari-hari

Sebagai kaum pemuda yang menjadi penerus generasi-generasi sebelumnya, haruslah bisa memahami makna dari Sumpah Pemuda ini dan mengamalkannya dalam kehidupan. Tentunya sebagai pemuda, tidak boleh mengabaikan apa yang telah diusahakan para pemuda sebelumnya. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menerapkan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti kekeluargaan, musyawarah, cinta tanah air, kerja sama, dan tanggung jawab.

Dari nilai atau bulir yang terdapat dalam Sumpah Pemuda dapat dilihat dan dimaknai dalam kehidupan sehari-hari. Dari bulir-bulir tersebut, dapat diambil aspek-aspek positif yang mencerminkan jiwa seorang pemuda yang bertujuan untuk memajukan bangsa Indonesia. Contoh-contoh tindakan yang sangat umum yang mudah untuk dilakukan seperti:

  • Memahami nilai-nilai Pancasila serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Bangga dan menggunakan produk dalam negeri sendiri
  • Saling menghormati dan menghargai satu sama lain untuk mempertahankan persatuan
  • Menggunakan bangsa Indonesia yang baik dan benar

Tentu saja, masih banyak hal lain yang dapat dilakukan para pemuda Indonesia untuk menjaga kesakralan makna dari Sumpah Pemuda yang sudah sejak lama diperjuangkan oleh pemuda-pemuda generasi sebelumnya. Mulai dari memahami makna perjuangan pemuda sebelumnya sampai mengamalkan Sumpah Pemuda dari hal-hal yang sederhana.

Brychan Artanto