Merenungi Makna Sumpah Pemuda

Oleh: Vianny Pangesa | 2502041552| PPTI 13 |

Hari sumpah pemuda merupakan hari yang tidak akan dilupakan oleh pemuda pemudi Indonesia. Bagaimana tidak? Selama saya berada di SD sampai SMA, setiap hari Sumpah Pemuda akan diadakan upacara untuk memperingatinya. Namun, selama 12 tahun tersebut saya belum pernah benar-benar membenahi apa maksud dari hari Sumpah Pemuda. Mengapa harus selalu diperingati? Mengapa harus selalu diingat?

Sumpah Pemuda merupakan salah satu Langkah krusial yang membawa Indonesia ke kemerdekaanya pada 17 Agustus 1945. Sumpah pemuda mempersatukan bangsa Indonesia sepenuhnya dan mengingatkan kita untuk mencintai negara kita, Indonesia. Sumpah Pemuda memiliki arti mendalam bagi sejarah bangsa. Sumpah Pemuda merupakan sebuah ikrar yang menyatakan bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu, Indonesia.

Berlangsungnya Kongres Pemuda II lah yang menjadi pemicu lahirnya Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda II dilangsungkan selama dua hari pada 27 dan 28 Oktober 1928.  Kongres ini diikuti oleh PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Kong Islamieten Bond, Jong Ambon, Pemuda Kaum Betawi, dan lainnya. Tujuan dari berlangsungnya Kongres Pemuda II adalah melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda pemudi Indonesia, membicarakanbeberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia dan memperkuat kesadaran kebangsaan dan meperteguh persatuan Indonesia.

Sumpah Pemuda mengajarkan kita banyak hal namun yang paling utama tentunya adalah persatuan bangsa. Sumpah Pemuda mengajarkan kita walaupun dengan berbedanya suku, agama, daerah dan berbagai perbedaan lainnya, kita tetaplah satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Hal ini merupakan perwujudan akan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu sumpah pemuda juga mengajarkan berbagai nilai-nilai yang bisa diterapkan juga pada kehidupan sehari-hari seperti gotong-royong, cinta tanah air, kekeluargaan, musyawarah untuk mufakat, persatuan, kerukunan, cinta damai dan tanggung jawab. Dengan nilai-nilai seperti inilah yang menjadi alasan mengapa Sumpah Pemuda harus terus diingat dan diteruskan ke generasi-generasi bangsa Indonesia selanjutnya. Situasi kita saat ini mungkin berbeda dengan pemuda pemudi Indonesia dahulu yang harus berjuang melawan penjajah untuk mencapai kemerdekaan Indonesia, namun bukan berarti kita sebagai generasi muda sudah tinggal diam saja. Sebagai generasi muda, kita harus tetap berjuang mempertahankan dan memajukan negara kita sendiri, Indonesia dengan berbagai bakat yang kita miliki.

Vianny Pangestu