Menerapkan Isi Sumpah Pemuda

Oleh: Devin  | 2502041155 | PPTI 12

Sumpah pemuda merupakan peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, yang menjadi bukti dari persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia dari berbagai suku dan budaya. Sumpah pemuda dapat menjadi motivasi bagi anak muda dalam membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Sumpah Pemuda memberikan pedoman bagi pemuda Indonesia untuk mencintai Indonesia dari tiga aspek utama, yaitu mencintai Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia.

Indonesia merupakan negeri yang luas dan kaya akan sumber daya alam, baik di daratan maupun lautan. Dengan alam yang begitu kaya, sudah sepatutnya kita menjaganya dan mencintainya agar tetap lestari dan tersedia. Sumpah pemuda memberikan pengaruh kepada seluruh masyarakat Indonesia dalam menjaga rasa nasionalisme dan rasa cinta kepada tanah air. Beragam hal kecil dapat kita lakukan sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air, misalnya yang pertama adalah menjaga kebersihan lingkungan. Meskipun terlihat sepele, namun menjaga kebersihan lingkungan mempunyai pengaruh yang besar terhadap negeri ini. Dengan menjaga kebersihan, keindahan negeri ini akan lebih terpancar. Dengan begitu, citra Indonesia di mata asing juga dapat meningkat. 

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama dan budaya. Masyarakat yang multikultural ini membuat Indonesia sangat heterogen. Hal ini membuat terdapat banyak perbedaan pada berbagai aspek kehidupan. Dengan adanya perbedaan, rakyat Indonesia dapat menunjukkan rasa cintanya dengan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. Misalnya dengan saling menghormati antar umat beragama, tidak membeda-bedakan teman yang berbeda ras dan suku bangsa, menghadiri upacara adat istiadat sesuai kepercayaan masing-masing, dan lain sebagainya. Selain itu, bentuk rasa cinta terhadap bangsa Indonesia juga dapat ditunjukkan dengan cara mengharumkan nama Indonesia di kanca Internasional, seperti dengan memenangkan olimpiade di luar negeri, memperkenalkan produk-produk Indonesia ke orang asing, mengajak wisatawan asing untuk berlibur ke tanah air, dan sebagainya.

Bahasa Indonesia merupakan identitas negara Indonesia. Sebagai pemuda Indonesia, sudah sepantasnya kita dengan bangga dan penuh kesadaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kegiatan sehari-hari. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, berarti kita telah menunjukkan rasa cinta terhadap Bahasa nasional kita. Sayangnya, kenyataan membuktikan sebaliknya. Semakin banyak anak muda yang memilih untuk menggunakan bahasa gaul ataupun bahasa serapan dari bahasa asing. Pemuda Indonesia lebih bangga menggunakan bahasa asing ketimbang bahasa kita karena dianggap lebih keren dan hebat jika bisa menggunakan bahasa asing. Sebagai warga Indonesia, kita perlu menanamkan pikiran bahwa bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang keren, sehingga kita pun lebih bangga untuk menggunakannya. Di saat banyak orang asing yang ingin mempelajari bahasa Indonesia, kita, para anak bangsa, malah memilih untuk menggunakan bahasa negara lain.

Tujuan dari Sumpah Pemuda adalah untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Namun agar tujuan dari Sumpah Pemuda dapat dicapai dengan maksimal, tentu dibutuhkan peranan dari pemuda Indonesia sebagai pelaksana dari isi Sumpah Pemuda tersebut. Kesadaran akan pentingnya memiliki rasa cinta terhadap tanah air, bangsa Indonesia dan bahasa nasional kita, akan sangat menentukan nasib negara Indonesia kedepannya.

Devin