Memahami Pentingnya Makna Kesatuan

Oleh: Daniel Zerge Wijaya | PPTI 12 | 2502041136

Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober sebagai pertanda bahwa pemuda dan pemudi Indonesia mencintai dan mengutamakan bangsa Indonesia. Adanya Sumpah Pemuda meningkatkan semangat kesatuan, rasa kebangsaan, serta nasionalisme dari para pemuda dan pemudi Indonesia. Memang benar Indonesia sudah bersatu tidak seperti sebelum 17 Agustus 1945, tetapi meski Sumpah Pemuda dibuat atau terjadi dengan tujuan untuk memperkuat kesatuan pada waktu itu, seharusnya tujuan ini harus terus dipertahankan meskipun kesatuan sudah terjadi. Penyebabnya adalah orang-orang tidak memahami makna atau pentingnya kesatuan sehingga momen-momen terpenting di Indonesia dilupakan.

Makna dari kesatuan sendiri adalah menyatukan keberagaman atau perbedaan yang ada. Kesatuan ini berperang penting dalam khususnya di Indonesia karena perlu diingat bahwa Indonesia memiliki banyak pulau, daerah, bahasa dan budaya. Setiap daerah ini memiliki adat-adat yang beragam antara satu dengan yang lainnya. Dahulu kala, perbedaan ini saling memperebutkan daerah atau kekuasaan. Tetapi karena jajahan negara lain menyatukan untuk mempertahankan Indonesia dari jajahan untuk kebebasan.

Tidak lupa adanya kesadaran bahwa kita berdarah bangsa Indonesia itu juga penting. Ajaran-ajaran etika atau budaya khas Indonesia yang diberikan oleh para pemimpin, orang tua, atau guru merupakan indikasi bahwa kita ini merupakan orang Indonesia. Kita tidak bisa lepas dari hal tersebut karena kita merupakan orang Indonesia sehingga penting untuk sadar bahwa kita merupakan warga negara Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, pemimpin-pemimpin Indonesia digantikan dengan generasi yang baru, dengan generasi yang lebih muda. Ini yang dimaksud dengan Sumpah Pemuda. Dengan pergantian ini membuat Indonesia di bawah kendali orang-orang baru dalam tahun-tahun yang baru juga, mengikuti pengembangan yang ada. Generasi yang baru lebih paham akan pengembangan atau perubahan yang ada sehingga dapat membentuk Indonesia menjadi negara yang lebih baik kedepannya. Maka penting untuk memberikan pengajaran yang terbaik untuk generasi anak muda.

Memahami pentingnya kesatuan sebagai negara dengan keberagaman budaya dan bahasa yang tinggi, memiliki kesadaran berdarah bangsa Indonesia, dan memberikan pengarahan dan ajaran yang terbaik untuk generasi selanjutnya merupakan hal-hal penting yang mencerminkan penerapan Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara-cara inilah akan membawa Indonesia menjadi negara yang luar biasa dan bahkan dapat menjadi dampak atau contoh untuk negara lain.

Daniel Zerge Wijaya