Makna Sumpah Pemuda

Oleh: Putu Devi Ariska Pramunita | 2502040695 | PPTI 13

Tanggal 28 Oktober merupakan hari peringatan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan ikrar dari pemuda-pemudi Indonesia yang di gagas pada kongres pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda menjadi cikal bakal pergerakan pemuda untuk berjuang meraih kemerdekaan Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak yang mampu membangkitkan jiwa nasionalisme pemuda dan pemudi Indonesia. Dalam hal ini, pelajar memiliki peran penting untuk kaum pemuda dalam mengimplementasikan makna dari Sumpah Pemuda sendiri. Adapun makna Sumpah Pemuda bagi pemuda merupakan wujud dari persatuan pemuda di seluruh Indonesia. 

Rasa bangga dengan bangsa sendiri tentu akan membangkitkan semangat yang ada di dalam diri seluruh rakyat Indonesia. Dengan ini Sumpah Pemuda merupakan wujud bangga dan cinta tanah air yang mampu membangkitkan semangat pemuda Indonesia untuk menjaga dan memperjuangan persatuan dan kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Sumpah Pemuda merupakan jembatan para pemuda Indonesia untuk menegaskan cita-cita bangsa Indonesia sesuai dengan apa yang tertuang dalam ketiga isi Sumpah Pemuda. 

Isi dari Sumpah Pemuda yang pertama berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia” dalam kalimat tersebut dapat kita maknai bahwa perjuangan rakyat Indonesia yang berasal dari berbagai daerah, ras, suku, hingga agama memiliki satu tujuan yang sama yaitu tanah air Indonesia. Kedua, berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia” yang memiliki makna bahwa perbedaan bukanlah sebuah halangan untuk menjadikan kita semua satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Ketiga, berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bangsa Indonesia” dapat dimaknai bahwa memang bahasa Indonesia merupakan bahasa yang menjadi sarana pemersatu bangsa.

Berdasarkan ketiga isi dari Sumpah Pemuda, dapat disimpulkan bahwa Sumpah Pemuda bukanlah sekedar kata yang dibaca, diucapkan, lalu dilupakan. Namun, Sumpah Pemuda merupakan pemersatu bangsa. Dengan adanya Sumpah Pemuda diharapkan dapat membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang satu dan menjadikan perjuangan rakyat Indonesia bukan berdasarkan daerah tetapi merupakan satu kesatuan yang utuh dan kuat. Tak hanya itu, Sumpah Pemuda memberikan pemahaman bagi seluruh pemuda Indonesia bahwa kemerdekaaan Indonesia tidak dapat terjadi apabila rakyat Indonesia tidak memiliki jiwa persatuan.

Putu Devi Ariska Pramunita