Know Yourself

Oleh: Dr. Ramot Peter, S.Pd., M.Th (D4534)

Setiap manusia harus bersikap baik terhadap dirinya sendiri sebagai mahluk Tuhan yang berakal budi. Agar dapat bersikap baik terhadap diri sendiri, seseorang harus mengenal diri sendiri baik secara jasmani dan rohani. Jika memiliki keterbatasan, jangan memaksakan diri sendiri untuk melakukan sesuatu di luar kemampuan diri sendiri. Terimalah keadaan diri apa adanya agar tidak mengalami tekanan dalam diri dan menimbulkan efek terhadap kesehatan fisik dan mental. Mengenali diri sendiri dan menerima sepenuhnya keadaan diri dengan baik sama halnya seseorang sedang menjaga kekuatan fisik dan mental. Sebagi contoh, jika tidak kuat makan pedas, jangan makan pedas karena akan merusak pencernaan anda sendiri. Jika takut pada ketinggian, jangan menaiki tempat yang tinggi agar tidak membuat anda ketakutan dan stres.

Berdasarkan penjelasan tersebut, anda harus mengenal keterbatasan dan kekurangan dalam diri. Berusahalah untuk mengenal diri anda sendiri dengan memahami kekhasan fisik, kepribadian, watak dan temperamen, bakat-bakat, gambaran diri, kekuatan dan kelemahan.  Kekhasan fisik yang unik yang tidak dimiliki banyak orang merupakan kelebihan yang harus diberdayakan, misalnya tubuh yang tegap cocok menjadi olahragawan, wajah cantik menjadi artis. Memiliki bakat menyanyi harus terus dikembangkan agar dapat menjadi artis terbaik. Karakter yang baik tetap terus dikembangkan agar dapat menjadi teladan yang baik.

Perjalanan hidup yang terus melatih diri dapat menjadi sejarah pengembangan diri. Banyak hal yang sejak kecil tidak dapat dilakukan, setelah dewasa karena terus mau berlatih maka semakin terampil mengerjakannya. Ada pula bakat yang Tuhan titipkan, itupun harus terus dikembangkan dan jika tidak maka bakat itu akan terpendam. Kenalilah diri anda melalui bakat-bakat yang anda miliki karena itu semua merupakan modal yang Tuhan berikan untuk terus dikembangkan agar berguna bagi orang banyak. Pengalaman sehari-hari juga dapat menjadi modal untuk mengembangkan diri semakin lebih baik dari hari sebelumnya. Hidup bersama orang lain juga akan banyak memberikan pengalaman baru yang menjadi acuan untuk pengembangan diri.

Sebagai refleksi diri setelah mengenal diri sendiri, pandanglah diri sendiri sebagaimana adanya dan memperlakukannnya secara baik disertai rasa senang dan bangga dalam segala keadaan. Mulailah menggali potensi diri dan pergunakan untuk kebaikan banyak orang. Mengucap syukur dalam dalam segala hal yang baik maupun hal yang buruk sekalipun, akan memberikan kekuatan dalam menjalani kehidupan. Pergunakan waktu yang ada untuk terus mengembangkan diri agar hidup yang dijalani semakin banyak memberi manfaat bagi orang banyak. Kenalilah dirimu dan berusahalah terus-menerus tanpa henti dengan berbagai cara untuk memperkuat potensi diri menjadi lebih baik dengan cara: mengenal dan menerima diri sendiri; memiliki kemauan kuat untuk mengembangkan diri; memanfaatkan kesempatan dan fasilitas yang ada; dan, belajar dari kesalahan. Jadilah dirimu sendiri.

Dr. Ramot Peter, S.Pd., M.Th