Kita Pemuda Indonesia

Oleh: Jesse Orlanda | PPTI 12 |

Hari Sumpah Pemuda merupakan hari nasional di Indonesia mengingat peristiwa ini merupakan salah  satu momentum utama dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini menunjukkan  semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya bangsa Indonesia sekaligus mengubah perjuangan para  pemuda yang sebelumnya bersifat kedaerahan menjadi pemersatu keberagaman. Adanya perasaan  senasib dan seperjuangan di masa penjajahan membuat para pemuda Indonesia sadar untuk bersatu dan  meninggalkan egonya masing-masing. Sehingga tepat pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda  Indonesia bersama-sama menyerukan ikrar untuk satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu  Indonesia. Sumpah pemuda berbunyi demikian:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Bagi pemuda

Indonesia di masa itu, makna Sumpah Pemuda masih sangat berkaitan dengan apa yang mereka alami. Lalu bagaimana di masa sekarang kita sebagai pemuda Indonesia dapat memaknai isi dari  Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda merupakan tonggak utama perjuangan pemuda dalam pemersatuan  bangsa Indonsia, oleh karena itu kita sebagai pemuda Indonesia diharapkan untuk terus menjaga  nasionalisme dan cinta tanah air Indonesia. Hal-hal yang dapat kita lakukan antara lain menjaga  kebersihan lingkungan, melakukan upacara bendera dengan khidmat, mencintai produk-produk dari  Indonesia, dan mengharumkan nama bangsa dengan berbagai prestasi yang diraih.

Sumpah pemuda juga memberikan pesan untuk selalu menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa  Indonesia. Kita dapat mengamalkan pesan tersebut dengan cara menghormati satu sama lain, melakukan  gotong royong, dan memandang bahwa perbedaan itu merupakan suatu kesempatan emas bagi Indonesia  untuk menjadi negara yang merdeka.

Terakhir, sumpah pemuda menekankan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa.  Sebagai pemuda Indonesia, kita harus bangga memiliki bahasa Indonesia dan menggunakannya di dalam  kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Dengan begitu, kita telah melestarikan sekaligus dapat  memperkenalkan bahasa yang telah diperjuangkan para pemuda di masa penjajahan ke kancah  internasional. Isi sumpah pemuda tidak hanya dirayakan atau diucapkan, tetapi yang paling penting sebagai pemuda Indonesia, kita harus meresapi isi dan maknanya.

Jesse Orlanda