Tujuan dan Makna Sumpah Pemuda bagi Para Pelajar Indonesia

Oleh: Alleycia Syananda – 2502040171 – PPTI 11

Sumpah pemuda merupakan satu pilar penting dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda tersebut juga dipandang sebagai penegasan kembali sptiritual cita-cita pendirian Indonesia. Berikut merupakan isi Sumpah Pemuda:

  1. Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah daraj yang satu, Tanah Indonesia.
  2. Kami putra putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.
  3. Kami putra putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia.

Sebelum kita masuk kedalam tujuan dan makna dari sumpah pemuda, kita harus mengetahui terlebih dahulu sejarah dari sumpah pemuda (27 – 27 Oktober 1928).

1. Rapat Pertama (Sabtu, 27 Oktober 1928)

Pertemuan pertama ini dilaksanakan di Gedung Katholieke Jongenligen Bond (KJB) di Lapangan Banten. Dalam pertemuan itu, Pak Suegondo berharap dengan pertemuan tersebut dapat memperkuat di hati anak muda. Menurutnya, ada lima factor yang memperkuat persatuan Indonesia, diantaranya adalah sejarah, Bahasa, hukum adat, Pendidikan, dan kemauan.

2. Rapat Kedua (Minggu, 28 Oktober 1928)

Pertemuan kedua dilaksanakan di Gedung Oost-Java Bioscoop dan pembahasan utama adalah dengan topik Pendidikan. Kedua pembicaranya adalah Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sepakat bahwa semua anak harus mengenyam Pendidikan nasional. Selain itu, semua anak harus dibesarkan secara demokratis dan harus ada keseimbangan antara Pendidikan di sekolah dan di rumah.

3. Rapat Ketiga (Minggu, 28 Oktober 1928)

Pertemuan ketiga diadakan di Gedung Indonesische Clubhuis Keramat yang sekarang diabadikan sebagai Gedung Sumpah Pemuda. Dalam sesi ini, Soenario memaparkan pentingnya nasionalisme dan demokrasi Bersama dengan Gerakan Kepanduan. Di sisi lain, Ramelan menjelaskan bahwa Gerakan Kepanduan tidak dapat dipisahkan dari Gerakan Nasional. Gerakan Kepanduan sejak dini mengajarkan anak – anak lebih disiplin dan kemandirian yang dibutuhkan dalam hal perjuangan. Pada konferensi ketiga ini diumumkan perkembangan hasill konferensi yang dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Tujuan dari sumpah pemuda adalah untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia serta mencapai kemerdekaan, membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan pemuda Indonesia, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, memperkuat usaha dan kegiatan untuk memerdekaan Indonesia, menghilangkan rasa kedaerahan yang selama ini menghambat persatuan bangsa Indonesia, dan mewujudkan cita – cita nasional pemersatu pemuda Indonesia.

Berikut adalah makna sumpah pemuda bagi Pelajar Indonesia:

  • Menghargai perjuangan bangsa,
  • Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,
  • Sikap cinta tanah air.

Alleycia Syananda