Sumpah Pemuda sebagai Pedoman Dasar Nasionalisme Generasi Muda Indonesia

Oleh: Michael Kristianto – 2502040341 – PPTI 11

Generasi muda mengambil peran yang sangat penting bagi bangsa Indonesia khususnya sebagai penerus dan penggelora semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme. Para pahlawan Indonesia telah berhasil melakukan tugas mereka dengan baik dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di era modern ini, dimana Indonesia sudah tidak terikat lagi dengan negara manapun dan telah bebas dari jajahan bangsa lain, adalah tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan mempertahankan persatuan bangsa Indonesia dari segala ancaman yang menimbulkan perpecahan bangsa Indonesia.

Sebagai angkatan muda yang bertugas untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan Indonesia, kita harus memiliki dasar nasionalisme yang kuat. Jika kita berbicara dengan dasar sifat nasionalis bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda, makna Sumpah Pemuda berperan penting dalam menjadi fondasi dan pilar-pilar penting dalam kepribadian setiap individu pemuda Indonesia. Perjuangan dan semangat pahlawan kita dalam menyusun isi dari Sumpah Pemuda bukan tanpa alasan dan tujuan yang jelas. Makna dan isi dari Sumpah pemuda apabila dihayati dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat menjadikan setiap dari kita memiliki semangat kemerdekaan yang selalu bergelora dan semangat nasionalisme yang mengakar dalam jiwa kita.

Sumpah Pemuda mengajarkan kepada kita, sebagai masyarakat Indonesia yang heterogen, nilai persatuan nasional. Seperti yang ditunjukkan oleh berbagai peristiwa yang melibatkan kaum muda sebelum kemerdekaan, perjuangan kaum muda untuk mencapai kemerdekaan sangatlah besar. Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, ide, moral bahkan harta untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Tanpa ikrar pemuda dan perjuangan pemuda dan pemudi saat itu, Indonesia mungkin tidak akan mencapai persatuan untuk melawan penjajah, yang dimenangkan melalui perjuangan selama satu abad. Arti penting Sumpah Pemuda sebagai cerminan rasa cinta pemuda dan pemudi pada bangsa Indonesia merupakan tindakan yang nyata dan tulus sebagai bentuk konkrit dari rasa cinta kepada tanah air. Tindakan ini juga mencerminkan kita sebagai generasi muda bahwa sebagai masyarakat muda Indonesia, kita mengambil peran dalam mencintai keragaman budaya, agama, masyarakat, dan segala perbedaan yang ada.

Sebagai mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah, bukan berarti kita tidak dapat mengisi kemerdekaan dengan menerapkan makna dari Sumpah Pemuda, sebagai mahasiswa yang baik dan memiliki fondasi nasionalisme yang kuat sebagai bangsa Indonesia, kita dapat terus menumbuhkan semangat belajar dan terus berkarya. Melalui Sumpah Pemuda, semangat untuk terus belajar dapat terpacu dengan alasan yang kuat untuk terus mempertahankan dan membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang baik, berkarakter, dan mencintai tanah air Indonesia.

Michael Kristianto