Makna Sumpah Pemuda Sebagai Motivasi Perjuangan Bangsa di Era Modern

Oleh: I Putu Widiarta Nandana Githa – 2502040291 – PPTI 11

Masa penjajahan merupakan masa-masa yang sulit bagi masyarakat Indonesia pada saat itu. Kondisi bangsa kita saat era perjuangan tradisional melawan penjajah masih bersifat kedaerahan hanya dari suku tertentu sehingga bangsa kita belum dapat meraih kemerdekaan karena mudah untuk dipecah belah oleh penjajah dengan politik devide et impera. Namun, bangsa kita perlahan-lahan mulai menyadari kelemahan ini dan kita pun bangkit melalui peristiwa yang dikenal sebagai tonggak awal persatuan Indonesia yaitu “Sumpah Pemuda”. Sumpah pemuda dihasilkan melalui proses perhelatan kongres Pemuda I dan II. Pada saat itu para pemuda menilai bahwa perlunya semangat persatuan yang dilatarbelakangi oleh kesamaan nasib, sejarah dan budaya antar daerah di Indonesia dan untuk mewujudkan persatuan ini diperlukan kemauan dari seluruh masyarakat & bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Oleh karena itu pada tanggal 28 Oktober 1928 pada Kongres Pemuda II dihasilkan lah Sumpah Pemuda yang berbunyi :

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua :Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga  : Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Pada masa kini kita sebagai generasi muda hendaknya mempertahankan nilai-nilai pada sumpah pemuda & mampu untuk memaknainya. Makna sumpah pemuda yaitu kita harus memiliki sikap untuk menghargai upaya pejuang yang penuh akan pertumpahan darah yang telah dilakukan demi mewujudkan kemerdekaan, kita juga harus mendukung toleransi dalam mempertahankan kesatuan bangsa. Wujud toleransi ini misalnya kita sebagai pemuda harus menghargai perbedaan yang ada, seperti, suku, agama, ras dan golongan. Selain itu, kita juga bisa menangkap makna sumpah pemuda sebagai motivasi kita dalam mencintai bangsa Indonesia, baik itu budaya maupun bahasannya. Makna selanjutnya yang dapat kita petik dalam sumpah pemuda yaitu kita sebagai pemuda harus memiliki semangat belajar dan berkarya karena masa depan bangsa ada di tangan kita sendiri.

Jadi dapat disimpulkan banyak makna yang dapat kita petik dari sumpah pemuda untuk diterapkan pada kehidupan kita pada masa kini untuk mendukung kemajuan bangsa, seperti : mendukung toleransi sebagai upaya menghargai perbedaan yang ada, meningkatkan rasa cinta tanah air di tengah era globalisasi ini, semangat belajar, berkarya dan berinovasi demi mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik.

I Putu Widiarta Nandana Githa