Makna Sumpah Pemuda Bagi Pribadi

Oleh: Julius Salim | 2502041003 | PPTI 11

Hari Sumpah Pemuda merupakan peringatan yang diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Hari Sumpah Pemuda sudah diperingati semenjak 94 tahun yang lalu untuk memperingati terjadinya kongres Sumpah Pemuda yang dilakukan oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Tetapi, yang terpenting bukan hari apa yang kita peringati, melainkan makna dari hari itu sendiri. Pada hakikatnya kita memperingati Hari Sumpah Pemuda karena pada tanggal 28 Oktober 1928 silam para pemuda Indonesia membentuk satu ikrar janji yang disebut Sumpah Pemuda. Isi dari Sumpah Pemuda inilah yang sebenarnya kita peringati setiap tahunnya agar nilai-nilai dan tujuan dari Sumpah Pemuda ini akan terus diingat oleh para pemuda-pemudi penerus bangsa. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita mengerti apa nilai, tujuan dan maksud yang ingin disampaikan para pemuda dari masa lalu kepada kita sang generasi penerus.

Makna dari Sumpah Pemuda sebenarnya bisa kita intepretasikan melalui tiap cita-cita pemuda Indonesia yang tertulis dalam naskah Sumpah Pemuda, yakni menegaskan cita-cita akan “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Pada awalnya dengan diikrarkannya Sumpah Pemuda maka perjuangan pemuda dalam melawan penjajahan pada saat itu tidak lagi bersifat kedaerahan atau membela hanya untuk daerah-daerahnya sendiri namun sudah menjadi satu kesatuan atau yang dikenal dengan perjuangan nasional. Namun untuk zaman sekarang yang dimana kita tahu tidak ada lagi penjajahan di muka bumi Indonesia tentunya kita berfikir bahwa maksud dari Sumpah Pemuda tidak lagi relevan dengan zaman. Padahal, nilai, tujuan dan makna dari Sumpah Pemuda tetaplah sama, akan selalu relevan dan tidak akan lekang oleh zaman. Bagi saya pribadi secara keseluruhan Sumpah Pemuda adalah suatu janji yang diutarakan pemuda bangsa Indonesia bahwa mereka akan menjadi satu kesatuan dengan harapan seluruh pemuda di bangsa yang beragam ini bisa bersatu dan mengesampingkan perbedaan untuk membentuk suatu identitas diri Bangsa Indonesia. Kemudian, kita bisa ambil lagi berbagai makna lainnya yang tertuang pada tiap poin cita-cita Sumpah Pemuda, yakni rasa cinta yang luar biasa terhadap tanah air kita Indonesia, kemudian selain dari kecintaan kita terhadap tanah air, kita juga mencintai segala isi yang ada di dalam bangsa Indonesia, hal itu termasuk keragaman budaya, keyakinan, bahasa, suku, dan adat istiadat.

Dengan demikian dapat disimpulkan, bagi saya Sumpah Pemuda adalah tonggak utama dalam mempersatukan pemuda Bangsa Indonesia menjadi satu kesatuan yang membentuk karakter NKRI itu sendiri, selain itu Sumpah Pemuda juga merupakan bentuk ungkapan bangga dan cinta terhadap segala keanekaragaman yang terdapat di dalam Bangsa Indonesia, seperti budaya, keyakinan, bahasa, suku, dan adat istiadat yang berbeda-beda, dan tak lupa Sumpah Pemuda juga mengungkapkan secara eksplisit bahwa kecintaan kita para pemuda-pemudi Indonesia terhadap tanah air kelahiran kita Indonesia. Dengan melihat begitu dalamnya makna yang dimiliki Sumpah Pemuda, sudah seharusnya kita sebagai pemuda-pemudi penerus bangsa terus menjaga dan merealisasikan cita-cita ini.

Julius Salim