Makna Sumpah Pemuda Bagi Generasi Penerus Bangsa

Oleh: Torian Ariel Yaphet | 2502041073 | PPTI 11

Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda untuk bangsa Indonesia. Cita-cita para pemuda pada tahun 1928 yang mengobarkan semangat dan menegaskan cita-cita  negara Indonesia berhasil mewujudkan persatuan dan keutuhan NKRI. Hingga hari ini, makna  sumpah pemuda tidak akan dulupakan. Namun dengan berkembangnya zaman dan keadaan  yang bergerak begitu cepat, apakah arti sumpah pemuda di era digital ini?

Sumpah pemuda tidak hanya sekedar tanggal merah yang dijadikan perayaan tahunan  saja, namun sebagai generasi muda seharusnya bisa merefleksikan semangat perjuangan  pemuda saat berkumpul dan Bersatu untuk menciptakan persatuan dan kesatuan. Keutuhan  persatuan dan kesatuan negara Indonesia yang sudah dijaga dengan erat oleh para pemuda pada  tahun 1928 harus dapat kita jaga dengan bijaksana dan sepenuh hati. Dengan adanya teknologi,  rasa persatuan bisa saja mengikis persaudaraan dan nilai-nilai kesatuan bangsa dengan  kurangnya toleransi apabila teknologi tidak digunakan dengan bijak. Untuk menghargai  perjuangan pemuda yang lalu, kita bisa mempertahankan eksistensi kemerdekaan dengan  mencetuskan ide-ide, kreativitas dan inovasi yang memberikan kekuatan untuk membangun  negeri. Bahasa pemersatu bangsa, bahasa Indonesia juga perlu kita terapkan untuk dijadikan  komunikasi universal dalam negara. Hal ini penting karena mulai banyak modifikasi bahasa  asing, penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar harus dapat diterapkan dalam  kehidupan sehari-hari. Maka diperlukan kebangaan akan bahasa dan juga bangsa Indonesia.

Sejak 94 tahun yang lalu saat sumpah pemuda pertama kali dikumandangkan, terlihat  jelas kebangaan para pemuda akan bangsa Indonesia. Kebangaan tersebut harus dapat kita  tersukan dan tanamkan dalam diri sendiri untuk menjaga kesatuan bangsa Indonesia. Bangga  akan budaya yang dimiliki Indonesia dan mendukung produk dan kreativitas anak bangsa dapat  menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya dan dapat bersaing dengan negara  lain.

Walaupun berkembangnya dunia sangat cepat dan tidak menunggu siapapun dan dapat  mengancam keutuhan negara Indonesia, kita sebagai generasi peneruh bangsa harus bertahan  dan mengobarkan lagi semangat perjuangan yang sudah ditanamkan oleh para pemuda dahulu  dengan terus bertumbuh untuk bangsa kita Indonesia.

Torian Ariel Yaphet