Makna Sumpah Pemuda

Oleh:  Febrian Sanjaya  | PPTI 11  |2502040985

Siapa orang Indonesia yang tidak mengetahui tentang Sumpah Pemuda? Peristiwa yang  diperingati setiap tanggal 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda ini tentu saja memiliki arti  yang khusus bagi rakyat Indonesia. Namun apa sih yang terjadi pada peristiwa ini? Apa makna  dari peristiwa ini??

Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan  pada 28 Oktober 1928. Organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang  merupakan organisasi pemuda atau pelajar di seluruh Indonesia melakukan Kongres Pemuda  yang diadakan sebanyak 3 kali. Kongres Pemuda I yang dilakukan pada 27 Oktober 1928 dan  Moh. Yamin menyatakan 5 faktor penentu persatuan, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat,  pendidikan, dan kemauan. Lalu Kongres Pemuda II yang pertama diadakan pada 28 Oktober  1928 dan membahas tentang pendidikan terutama anak. Dan Kongres Pemuda II ke 2 yang  terjadi pada tanggal yang sama dengan Kongres Pemuda II yang pertama dan terjadi di  Indonesische Clubhuis Kramat. Kongres Pemuda II ini menghasilkan ikrar pemuda Indonesia  yang sampai hari ini kita kenal sebagai Sumpah Pemuda.  

Sumpah Pemuda tersebut seperti yang telah kita ketahui berisi 

PERTAMA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA.

KEDOEA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.

KETIGA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA.

Banyak makna yang dapat kita resapi dari isi tersebut. Yang pertama adalah Sumpah  Pemuda ini membangkitkan kesadaran seluruh Rakyat Indonesia untuk bersatu. Sumpah Pemuda  ini merupakan titik balik di mana Rakyat Indonesia pada saat itu tidak lagi berjuang dengan sifat  kedaerahan, melainkan menjadi satu yaitu Indonesia. Jadi Sumpah Pemuda ini merupakan  pedoman dalam berjuang dalam persatuan.

Berdasarkan isinya, kita dapat mengetahui bahwa berdasarkan ikrar pertama, meskipun  daerah masing-masing orang berbeda, tetapi tetap ingin berjuang untuk 1 tanah air yaitu  Indonesia. Berdasarkan ikrar kedua, meskipun masing-masing daerah terdiri atas suku dan ras  yang berbeda-beda, tetapi tetap saja bersatu dalam 1 bangsa, yaitu Bangsa Indonesia.  Berdasarkan ikar ketiga, meskipun setiap daerah memiliki bahasanya masing-masing, tetapi tetap  menjunjung bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia.

Jadi kesimpulannya adalah Sumpah Pemuda ini adalah peristiwa yang sangat penting  bagi Bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda juga wajib terus diterapkan pada diri masing-masing  orang karena isi dari Sumpah Pemuda ini merupakan pedoman untuk hidup berbangsa dan  bernegara. Kita sebagai rakyat Indonesia wajib menerapkan Sumpah Pemuda ini dan juga  mengajarkannya pada generasi selanjutnya.

Febrian Sanjaya