Makna Dari Ikrar Sumpah Pemuda Bagi Rakyat Indonesia

Oleh: Muhammad Fauzi Septiana Putra – 2502040373 – PPTI 11

Sumpah pemuda berawal dari inisiatif organisasi pemuda pelajar dari seluruh Indonesia atau yang biasa disingkat PPI. Organisasi tersebut mengadakan 2 kali kongres dengan latar tempat yang berbeda beda, dari mulai di Gedung Katholieke Jongenlingen bond, Oost-Java Bioscoop dan yang terakhir di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat.

Kongres pertama yang diketuai oleh Mohammad Tabrani dan wakilnya Soemarmo, menghasilkan hasil rapat beberapa poin seperti : Cita cita Indonesia merdeka menjadi cita cita seluruh pemuda Indonesia,  Seluruh  perkumpulan pemuda berupaya untuk menggalang persatuan organisasi pemuda dalam suatu wadah, dan mengakui dan menerima cita cita persatuan Indonesia. Kongres kedua yang diketuai oleh Sugondo Joyopuspito dengan wakilnya RM Joko Marsaid menghasilkan sebuah sumpah pemuda. Sumpah pemuda berisikan janji para pemuda untuk bangsa Indonesia, dalam ayat pertama dijelaskan bahwa para pemuda mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, ayat keduanya menjelaskan bahwa para pemuda mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Dan yang terakhir adalah para pemuda menjunjung Bahasa persatuan yaitu Bahasa indonesa, lalu makna apa yang terkandung di dalam sumpah tersebut ? Maknanya adalah untuk membangkitakan kesadaran dari seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan bersatu, jadi para pemuda berharap perjuangan masyarakat Indonesia tidak bersifat kedaerahan lagi melainkan sudah menyatu padu dalam memberantas penjajahan di tanah air, mendorong terbentuknya identitas sebagai bangsa Indonesia, menjadikan bahasa Indonesia sebagai unsur budaya dan alat pemersatu bangsa, dan mendorong pembentukan Komisi Besar Indonesia Muda (KBIM) yang kemudian berhasil membentuk organisasi Indonesia Muda (IM).

Dengan dikumandangkannya janji Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 itu menjadi titik balik pejuangan para pemuda Indonesia yang lebih baik, dengan perjuangan dan persatuan para pemuda untuk melawan kerasnya penjajahan dari para penjajah yang menyerang negeri kita. Sumpah pemuda ini tidak hanya dikhususkan untuk masa penjajahan saja, melainkan di era modern saat ini kita sesame pemuda harus bisa bersatu padu dalam membangun Indonesia yang lebih maju kedepannya.

Muhammad Fauzi Septiana Putra