Hari Sumpah Pemuda

Oleh: Mikel Vanesius Tanutomo – 2502040354 – PPTI 11

Tanggal 28 Oktober merupakan hari yang diperingati masyarakat Indonesia sebagai  hari sumpah pemuda. Meskipun selalu diperingati setiap tahunnya, tidak banyak yang  mengetahui dan mengerti apa makna sebenarnya dibalik peristiwa ini. Dalam setiap peristiwa,  pasti terdapat sebuah nilai yang ingin dicapai. Nilai tersebut dapat berubah dari waktu ke waktu  seiring dengan perubahan zaman. Walaupun banyak nilai telah berubah, hari sumpah pemuda  tetap diperingati sampai zaman sekarang. Pastinya terdapat suatu nilai yang ingin dijaga dalam  peristiwa ini. Pertanyaannya, apakah nilai tersebut?

Pada zaman penjajahan, banyak masyarakat Indonesia dari seluruh daerah berjuang  untuk melawan penjajah demi mendapatkan kemerdekaan. Sayangnya, banyak dari perjuangan  tersebut masih bersifat teritorial atau berorientasi hanya pada daerah tertentu saja. Bisa  dikatakan Indonesia belum menjadi Indonesia yang seutuhnya pada saat itu. Namun, terdapat  sekelompok pemuda yang melahirkan suatu konsep mengenai sebuah bangsa yang satu, yaitu  kebangsaan Indonesia. Lahirnya konsep persatuan dan kebangsaan tersebut merupakan  tonggak utama dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan ikrar  yang menegaskan realisasi terhadap konsep persatuan ini, sehingga dibalik Sumpah Pemuda,  terdapat nilai persatuan dan kebangsaan.

Nilai persatuan dan kebangsaan dibalik ikrar Sumpah Pemuda merupakan nilai-nilai  yang diperlukan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Namun apakah berarti  setelah kemerdekaan tersebut sudah tercapai, nilai-nilai tersebut menjadi tidak diperlukan dan  kehilangan makna? Jawabannya adalah tidak. Nilai-nilai tersebut tetap diperlukan untuk  mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Seluruh perjuangan yang telah dikerahkan  masyarakat Indonesia tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebagai masyarakat Indonesia, kita  juga harus tetap mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan tersebut demi menjaga dan  mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peringatan hari sumpah pemuda merupakan salah  satu cara untuk menanamkan nilai persatuan dan kebangsaan tersebut kepada seluruh  masyarakat Indonesia. Selain memperingati hari sumpah pemuda, kita juga perlu mendalami  makna dari hari sumpah pemuda itu sendiri, kita harus memahami nilai yang terkandung di  dalamnya, dan kita juga harus memperjuangkan nilai tersebut, yaitu nilai persatuan dan  kebangsaan, karena itulah kewajiban kita sebagai masyarakat NKRI, Negara Kesatuan  Republik Indonesia.

Mikel Vanesius Tanutomo